Harga Bitcoin Jatuh di Bawah 70.000 USD Hari Ini, Apa Penyebabnya?

Harga Bitcoin Jatuh di Bawah US$70.000 Terimbas Data Pekerjaan AS dan Penurunan Suku Bunga ECB
Sumber :
  • Marketwatch

GadgetHarga Bitcoin mengalami penurunan di bawah US$70.000 pada hari Jumat (7 Juni 2024 waktu AS) akibat kombinasi dari laporan pekerjaan AS yang beragam dan pemangkasan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Dikutip dari Yahoo Finance(8/6/2024), Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) mengungkapkan situasi ekonomi yang membingungkan dengan peningkatan penciptaan lapangan kerja diiringi dengan kenaikan tingkat pengangguran menjadi 4%, yang menyebabkan penurunan nilai Bitcoin.

Pertumbuhan pekerjaan menunjukkan kekuatan, tetapi kenaikan pengangguran dan jam kerja mingguan yang konsisten menunjukkan masalah ekonomi yang lebih dalam.

Terlepas dari kenaikan 0,4% dalam pendapatan per jam rata-rata pada bulan Mei dan kenaikan 4,1% dari tahun ke tahun, laju pertumbuhan gaji mingguan agregat di sektor swasta melambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada pukul 4:30 p.m. ET, Bitcoin diperdagangkan pada US$69.159, menurut CoinGecko.

Harga ini menandakan penurunan 1,2% dari hari sebelumnya dan 6,5% dari minggu sebelumnya.

Langkah ECB untuk menurunkan suku bunga pinjaman acuannya dari 4% menjadi 3,75%, pengurangan pertama dalam lima tahun, berpotensi meningkatkan likuiditas dan daya tarik aset alternatif seperti Bitcoin.