Bocoran Samsung Galaxy Z Fold Edisi Khusus: S Pen Baru, Tanpa Perlu Digitizer Tambahan?

Samsung Galaxy Z Fold Edisi Khusus
Sumber :
  • Ali Express

GadgetGalaxy Z Fold Edisi Khusus telah menjadi topik yang hangat diperbincangkan, terutama dengan bocoran terbaru yang beredar di internet beberapa saat yang lalu. 

Salah satu hal paling menarik yang muncul dari bocoran ini adalah tentang dukungan S Pen pada perangkat lipat yang akan datang ini. Apakah Samsung akan menghapus dukungan S Pen demi memangkas biaya produksi? sepertinya tidak.

Mengutip dari DSCCRoss di platform X (31/8/2024), Samsung tetap akan menyematkan dukungan S Pen pada Galaxy Z Fold Edisi Khusus. Samsung akan mengubah metode tradisional dengan pendekatan baru, yaitu tanpa menggunakan digitizer.

Galaxy Z Fold Edisi Khusus dengan S Pen yang Berbeda?

Sebagai perbandingan, perangkat seperti Galaxy S24 Ultra dan Galaxy Z Fold 6 menggunakan metode stylus aktif dengan digitizer yang tertanam di layar.

Stylus aktif ini memiliki sumber daya sendiri dan menciptakan koneksi kompleks antara ujung stylus dan layar, yang memungkinkan fitur-fitur canggih seperti sensitivitas tekanan dan akurasi tinggi.

Di sisi lain, tablet Galaxy versi lebih murah dengan dukungan S Pen, seperti Galaxy FE, menggunakan stylus pasif yang tidak memerlukan daya dan digitizer.