Q2 2022, IDC Sebut OPPO Kuasai Pasar Smartphone di Indonesia

smartphone
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – International Data Corporation (IDC) menyebut jika OPPO kuasai pasar smartphone di tanah air. Namun begitu, secara keseluruhan kuartal kali ini diklaim mengalami penurunan sebanyak 10 persen yoy, walau per kuartalnya mengalami kenaikan 6,9 persen.

Data bertajuk Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker melaporkan jika secara keseluruhan di kuartal kedua tahun ini jumlah pengapalan smartphone di Indonesia mencapai angka 9,5 juta unit. Angka ini naik 6,9 persen dibanding kuartal sebelumnya di tahun yang sama. 

Jika ditotal, pada pertengahan tahun ini, secara keseluruhan pertumbuhan smartphone di Indonesia lebih rendah 13,7 persen  dibanding pertengahan tahun sebelumnya. Meski vendor memiliki antusiasme yang besar untuk berjualan menjelang lebaran dan Idul Fitri, namun tidak diimbangi dengan minat konsumen.

"Pada kuartal kedua tahun ini, pemerintah mencabut PPKM sehingga banyak orang yang antusia untuk mudik. Setelah dua tahun, akhirnya masyarakat bisa merasakan kembali kampung halaman. Biaya perjalanan meningkat sehingga mereka kebanyakan menabung dan menahan diri untuk tidak membeli gadget," ujar Associate Market Analyst IDC Indonesia, Vanessa Aurelia.

 

Riset IDC Mobile Phone Tracker

Photo :
  • IDC