Sony Xperia 1 VI Punya Zoom Besar, Harga? Ya Gitu, deh!

Sony Xperia 1 IV
Sumber :
  • PocketLint

Gadget – Sony kembali menggebrak pasar ponsel pintar dengan meluncurkan Sony Xperia 1 VI, yang diklaim sebagai salah satu ponsel terbaik tahun 2024. Bersama dengan Xperia 10 VI yang berada di kelas menengah, Xperia 1 VI tampil sebagai bintang utama dengan fitur-fitur unggulan, termasuk kamera telefoto yang mampu bergerak antara panjang fokus 85mm dan 170mm, yang berarti memiliki zoom optik hingga 7.1x.

Zoom ini mengungguli Samsung Galaxy S24 Ultra dan Google Pixel 8 Pro yang hanya memiliki zoom optik 5x. Selain itu, Xperia 1 VI juga melampaui pendahulunya, Xperia 1 V, yang hanya mencapai 5.2x. Kamera yang sama dapat digunakan untuk foto makro, dengan pembesaran maksimal sekitar 2x dan jarak fokus minimum 4cm.

Xperia 1 VI juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide dan kamera utama yang mengesankan. Sony mengklaim bahwa lensa 24mm baru pada ponsel ini dapat menghasilkan kualitas gambar setara dengan kamera full-frame. Hal ini sebagian dicapai melalui pemrosesan AI, yang juga digunakan untuk meningkatkan tracking autofocus, mengenali kerangka dan pose manusia, serta meningkatkan kontras, warna, dan kejernihan layar.

Layar OLED Xperia 1 VI dapat menjadi 1.5x lebih terang dibandingkan Xperia 1 V. Fitur baru 'Sunlight Vision' menggunakan AI untuk mencegah sorotan yang terlalu terang dengan menganalisis frame dan kecerahan lingkungan secara real-time. 

Ponsel ini juga memiliki baterai 5,000mAh yang dirancang untuk bertahan dua hari antara pengisian daya, dengan kemampuan pemutaran video terus-menerus lebih dari 36 jam. Pengisian daya pun cepat, mencapai 50% hanya dalam 30 menit. 

Spesifikasi lainnya termasuk chipset top-end Snapdragon 8 Gen 3 dan port headphone 3.5mm, yang dikombinasikan dengan dukungan untuk berbagai teknologi dan format audio, menjadikan Xperia 1 VI pilihan menarik bagi para audiophile.

Dengan semua fitur canggih ini, Xperia 1 VI dibanderol dengan harga £1,299 atau setara Rp22,5 juta. Meski tidak ada kenaikan harga, Xperia 1 VI tetap lebih mahal dibandingkan Samsung Galaxy S24 Ultra atau iPhone 15 Pro Max di banyak wilayah.