Lazada, Garena, Masuk 10 Pengiklan Terbesar, Valorant No.2

valorant
Sumber :
  • Foto: Istimewa

Gadget – Valorant, game tembak menembang (First Person Shooter/FPS) menjadi pengiklan dengan pengeluaran terbesar di Indonesia selama paruh pertama tahun ini. Hal ini terungkap dari data riset Nielsen.

Dalam data tersebut, Valorant yang dibuat oleh publisher Riot Games menduduki posisi kedua. Di posisi puncak masih bertengger perusahaan consumer goods Unilever. Sayangnya, tidak dijabarkan pasti berapa pengeluaran iklan mereka di periode tersebut.

Yang jelas, menurut daftar yang dikeluarkan Nielsen, secara keseluruhan, perangkat kantoran, komputer dan komunikasi merupakan industri dengan pengeluaran paling besar di semester pertama tahun ini. Total pengeluaran iklan dari industri tersebut sebesar USD1,963 juta.

Yang menarik, tidak hanya Valorant yang masuk 10 besar pengiklan dengan pengeluaran terbesar di Indonesia tapi ada juga beberapa perusahaan teknologi lain. Misalnya Lazada Indonesia yang menduduki posisi 9, dan di posisi 10 ada Garena. 

Nielsen Advertiser Spenders

Photo :
  • Foto: Istimewa

Gojek hampir masuk dalam daftar 10 besar, namun posisinya harus kalah dengan Garena dan Lazada. Perusahaan teknologi yang terkenal dengan ride-sharingnya itu hanya menduduki posisi 11 sebagai perusahaan dengan pengeluaran iklan terbesar.

Nielsen merilis 20 pengiklan dan industri dengan belanja iklan teratas selama paruh pertama tahun 2022. Angka tersebut didapatkan dari seluruh media utama di sepuluh pasar Asia Pasifik dengan memanfaatkan solusi Nielsen Ad Intel.