Aplikasi Mobile Diklaim Akurat Deteksi Covid, Cuma Pakai Suara

Tes Covid-19
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – Ilmuwan di Spanyol mengklaim telah menemukan teknologi yang akurat mendeteksi infeksi Covid-19 hanya dengan menggunakan suara. Melalui sebuah aplikasi di smartphone, suara yang direkam akan diteliti oleh teknologi artificial intelligence (AI).

Para ilmuwan tersebut berasal dari Maastricht University yang menampilkan temuannya tersebut dalam kongres internasional European Respiratory Society di Barcelona, Spanyol. Dilansir melalui The IET, gejala Covid-19 bisa terdeteksi secara akurat hanya dengan menganalisa suara.

Salah satu gejala utama Covid-19 adalah peradangan pada saluran pernapasan bagian atas dan pita suara, yang biasanya menyebabkan perubahan suara pada pasien. Oleh karena itu, para ilmuwan Universitas Maastricht memutuskan untuk menyelidiki apakah gejala-gejala ini dapat digunakan sebagai metode yang akurat untuk mendiagnosis, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah di mana tes PCR mahal atau sulit untuk didistribusikan.

Menurut Wafa Aljbawi, salah satu peneliti di universitas tersebut, mengklaim deteksi ini memiliki tingkat akurasi 89 persen. Angka ini lebih tinggi ketimbang diagnosis Covid-19 dengan cepat menggunakan tes antigen. Semua ini terwujud berkat teknologi AI yang digunakan.

“Hasil yang menjanjikan ini menunjukkan bahwa rekaman suara sederhana dan algoritma AI yang disempurnakan berpotensi mencapai presisi tinggi dalam menentukan pasien mana yang terinfeksi Covid-19,” katanya. 

smartphone

Photo :
  • Unsplash.com

Dia menjelaskan jika tes dengan aplikasi tersebut bisa dilakukan tanpa membutuhkan biaya alias gratis. Ditambah, pengerjaannya pun mudah dan tak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, tes bisa dilakukan dari jarak jauh dengan hasil yang tidak perlu menunggu lama, yakni kurang dari satu menit. Acara yang membutuhkan hasil tes Covid bisa menerapkan tes suara ini di pintu masuk event sehingga penyaringan pengunjung bisa lebih cepat dan terarah.