2 Jurus Jitu IndiHome Tarik Pelanggan

Indihome
Sumber :
  • Foto: Dok. Telkom

Gadget – IndiHome membocorkan jurus jitu yang dimilikinya sampai bisa menarik pelanggan yang banyak hingga akhir tahun lalu. Setidaknya, menurut mereka, ada dua hal yang ditawarkan, yakni kecepatan dan kostumisasi layanan.

Hal ini diungkap oleh Vice President Marketing Management Telkom Indonesia E. Kurniawan. Menurutnya, seiring waktu kebutuhan internet masyarakat terus mengalami peningkatan. Namun kebutuhan tersebut juga memiliki karakteristik yang unik.

“Tidak hanya kebutuhan akan kecepatan tinggi, tapi juga banyak kebutuhan unik lainnya,” kata E. Kurniawan baru-baru ini.

Dua hal tersebut yang coba ditawarkan IndiHome kepada masyarakat. Saat ini IndiHome sudah menawarkan kecepatan internetnya minimal di kisaran 40 mbps. E. Kurniawan mengatakan diversifikasi penawaran layanan sesuai kebutuhan masyarakat juga akan terus diperkuat dengan kemudahan kustomisasi yang bisa dilakukan secara on-demand.

“Bagi para streamer misalnya, bisa menggunakan add-on Speed on Demand,” kata E. Kurniawan. Dalam paket add-on ini, pengguna seperti streamer bisa meningkatkan kecepatan internetnya kapan saja sesuai kebutuhan. Kecepatan internet akan kembali turun seperti semula begitu kebutuhan urgent tersebut telah selesai.

“Jadi tidak perlu langganan kecepatan yang sangat tinggi secara reguler. Dengan adanya kustomisasi ini tentu akan sangat efisien bagi masyarakat,” ujar E. Kurniawan. Add-on Speed on Demand juga bisa diatur peruntukan perangkatnya sesuai kebutuhan. Adapun paket speed internet boosting yang ditawarkan mulai dari 20-100 mbps dengan durasi aktivasi 1, 3, hingga 7 hari.

Begitu juga tawaran produk menarik yang menyasar para gamers melalui paket gamer. Tidak hanya menawarkan kecepatan yang cepat, paket yang khusus diperuntukan untuk bermain games + menjadi streamer bisa menjamin koneksi internet dengan tingkat latensi seminimum mungkin. Seperti yang diketahui latency adalah momok bagi player yang bisa berakibat fatal ketika bermain games secara online.

“IndiHome bisa berprogres secara positif dengan pertumbuhan revenue stabil di dua digit karena segmentasi konsumen seperti ini. Karena itu untuk selanjutnya kebijakan segmented consumer akan terus dipertajam,” kata E. Kurniawan. Karena itulah, untuk bisa menangkap tren segmentasi yang beragam di masyarakat secara cepat, IndiHome rajin berpartisipasi pada kegiatan berbagai macam komunitas masyarakat. 

Seperti yang diketahui dalam kajian McKinsey dan AT Kaerney, pangsa fixed broadband Tanah Air saat ini baru tergarap 15 persen. Hal ini, kata Kurniawan, menunjukkan potensi yang amat besar. “Kami berusaha membangun brand superiority yang juga memberikan nilai tambah melalui kebijakan empowering social. Adanya keberadaan kami tidak hanya dinikmati sebagai layanan semata tapi melalui Limitless E-sport Academy kami latih para gamers hingga bisa jadi juara di kejuaraan nasional dan internasional,” kata E. Kurniawan.