2022, IndiHome Koneksikan 180 Juta Perangkat dengan Konsumsi Data 60 Petabyte
- Foto: Dok. Telkom
Gadget – Tahun 2022, kehidupan masyarakat berangsur normal. Meski masih dibayangi pandemi Covid-19, Telkom dan IndiHome tetap optimistis dengan kinerja yang terus membaik. Bahkan IndiHome mengklaim bisnisnya terus bertumbuh positif dari semua sisi.
Sisi positif yang terlihat cukup kentara dari sisi pertumbuhan pelanggan baru. Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia, E. Kurniawan menyebut jika pelanggan IndiHome terus bertambah sampai akhir 2022. Hal ini berbanding lurus dengan tren konsumsi digital masyarakat yang tetap meningkat.
Dia menyebut jika IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 ada di kisaran 9 juta pelanggan.
“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami,” kata Kurniawan. Tentunya realisasi positif ini tidak didapat begitu saja. Diperlukan banyak upaya maksimal untuk bisa mendapat kepercayaan masyarakat. Sepanjang tahun 2022, tidak sedikit perbaikan layanan berkelanjutan yang dilakukan oleh IndiHome.
Yang menjadi salah satu fokus IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Karena itu pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama. Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.
Dengan jangkauan yang makin masif, IndiHome mengedepankan #youarefirst, dalam memenuhi kepuasan pelanggannya di setiap ekspansi bisnisnya. Dari sisi produk, di tahun 2022 ini, IndiHome menegaskan diri sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio. Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja.