Inflasi, Obligasi, dan Bitcoin: Siapa yang Akan Menang?

Inflasi, Obligasi, dan Bitcoin: Siapa yang Akan Menang?
Sumber :
  • Istimewa

Gadget - Pertempuran sengit antara , , dan Bitcoin semakin mengemuka setelah data inflasi di Amerika Serikat (AS) menunjukkan pelemahan. Data Indeks Harga Konsumen (CPI) Oktober 2023 menunjukkan inflasi tahunan AS turun menjadi 7,5% dari 8,6% pada bulan sebelumnya.

ETF Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Mengalami Kegagalan Saat Pertama Kali Diluncurkan

Penurunan inflasi ini terutama disebabkan oleh penurunan harga energi, yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya yang ditandai oleh kenaikan biaya yang stabil. Harga minyak mentah mengalami penurunan yang tidak terduga selama sebulan terakhir, membuat para pelaku pasar terkejut dan penasaran.

Penurunan inflasi ini memicu harapan bahwa Federal Reserve (The Fed) akan menghentikan kenaikan suku bunganya. Hal ini menyebabkan obligasi dan saham mengalami reli. Imbal hasil di seluruh kurva yield turun saat pasar mulai memasukkan probabilitas mendekati nol terhadap kenaikan suku bunga lainnya, dengan pemotongan suku bunga diantisipasi pada Mei 2024.

Portofolio Kripto BlackRock Ini Mungkin Buat Kamu Penasaran, Apa Saja Koleksinya?

“Ini adalah sinyal penting bahwa The Fed mungkin akan mengubah arah kebijakannya,” kata Sam Callahan, Analis di Swan Bitcoin. “Investor sekarang dihadapkan pada pertanyaan penting: apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi dalam obligasi, mengingat kemungkinan suku bunga telah mencapai puncaknya?”

Callahan mengatakan bahwa beberapa pihak melihatnya sebagai perdagangan jangka pendek, mengantisipasi pergeseran Fed sebagai respons terhadap kemungkinan resesi deflasioner. Namun, risikonya adalah apa yang akan terjadi jika Amerika Serikat menghadapi resesi inflasi—skenario yang tidak pernah terjadi sejak tahun 1970-an.

Bitcoin Menanti Halving

Bitcoin Masih Uptrend Setelah Halving? Ini Penjelasannya

Sementara itu, Bitcoin (BTC) masih menanti momen Halving 2024. Halving adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah blok untuk menambang Bitcoin dipotong setengahnya. Halving terakhir terjadi pada Mei 2020, dan menyebabkan harga Bitcoin melonjak dari sekitar $4.000 menjadi lebih dari $60.000 pada November 2021.

Halaman Selanjutnya
img_title