Bila TikTok Pengendali, Aset GOTO Akan Terkoreksi

Bila TikTok Pengendali, Aset GOTO Akan Terkoreksi
Sumber :
  • market bisnis

Gadget - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) berencana untuk menghilangkan aset Tokopedia dari laporan keuangannya seiring dengan potensi pengendalian oleh TikTok terhadap Tokopedia.

AS Menyetujui Undang-Undang Larangan Tiktok, Apakah Akan Jadi Boomerang?

Perubahan pengendalian ini terkait dengan niat TikTok untuk menginvestasikan dana sebesar USD1,5 miliar dalam Tokopedia.

TikTok Mau Diblokir, China Tuduh AS Pembully

Statusnya bukan lagi anak usaha, melainkan investasi portofolio saham yang nilainya akan mencerminkan harga wajar saham Tokopedia setiap akhir periode akuntansi," jelasnya dalam akun media sosialnya pada Selasa (12/12/2023).

Rizky melanjutkan, dilusi saham GOTO pada Tokopedia mencerminkan adanya revaluasi saham Tokopedia, karena keterlibatan TikTok akan mempengaruhi revaluasi goodwill dalam neraca aktiva Tokopedia.

Cara Amerika Rebut Saham ByteDance di TikTok, Kejam!

"TikTok memiliki selisih positif antara aktiva dan pasiva, sehingga dugaan saya, istilah 'dilusi' ini mencerminkan bahwa goodwill TikTok akan mempengaruhi modal saham GOTO di Tokopedia.

Goodwill ini muncul sebagai hasil revaluasi akibat akuisisi, bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk nilai valuasi modal!" paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title