Akun X Microstrategy Kena Hack, Alami Kerugian Hingga Rp6,8 Miliar

Akun X Microstrategy Kena Hack, Alami Kerugian Hingga Rp6,8 Miliar
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Akun perusahaan MicroStrategy telah mengalami serangan peretasan pada tanggal 25 Februari lalu. Serangan tersebut melibatkan penyebaran tautan palsu yang mengarah ke airdrop palsu terkait token MSTR berbasis Ethereum.

Token Memecoin MANEKI yang Sedang Viral, Kamu Sudah Tau?

Pengguna yang tidak curiga dan mengklik tautan tersebut langsung diarahkan ke halaman situs palsu yang menyerupai MicroStrategy. Mereka kemudian diminta untuk menghubungkan dompet mereka dan mengklaim airdrop palsu berupa $MSTR.

Setelah memberikan izin pada dompet Web3 mereka, para pengguna menjadi rentan terhadap eksploitasi aset mereka oleh para peretas.

Bitcoin Masih Uptrend Setelah Halving? Ini Penjelasannya

Dampak dari serangan ini sangat merugikan, dengan kerugian mencapai ratusan ribu dolar AS. Menurut informasi yang dikumpulkan oleh detektif blockchain, ZachXBT, para peretas berhasil mencuri setidaknya US$440.000 atau sekitar Rp6,8 miliar dari dompet para korban yang terjebak dalam perangkap tautan tersebut.

Dalam temuan yang dilaporkan oleh Token Sniffer, diketahui ada satu pengguna yang kehilangan lebih dari US$420.000 atau sekitar Rp6,5 miliar, pada pukul 12:43 UTC, hanya beberapa menit setelah tautan jahat pertama kali dipublikasikan di akun MicroStrategy di platform X.

10 Top Token AI dan Big Data Project Wajib Pantau di Halving Bitcoin 2024

Informasi terbaru juga menunjukkan bahwa dompet yang terlibat dalam peretasan akun MicroStrategy telah mengakumulasi token Ethereum senilai US$329.000 atau sekitar Rp5,1 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Ethereum DeBank.

Jelas bahwa kejadian peretasan akun MicroStrategy ini bukanlah hal yang dapat dianggap remeh, terlebih lagi mengingat posisi MicroStrategy yang sangat mendukung Bitcoin. Sangat tidak mungkin bagi perusahaan semacam itu untuk menerbitkan token di jaringan Ethereum.

Halaman Selanjutnya
img_title