Studi Snapchat: Augmented Reality Bakal Jadi Masa Depan Ecommerce

Ilustrasi Augmented Reality
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – Snap, pengembang aplikasi Snapchat, mengungkap jika para pengunjung ecommerce akan balik lagi dan lagi untuk membeli barang, jika platform yang mereka kunjungi mengadopsi teknologi augmented reality (AR). Studi ini dilakukan Snap bersama dengan perusahaan agensi iklan Publicis Media dan konsultan riset Alter Agents.

The Simpsons Meramal Apple Vision Pro Delapan Tahun Lalu

Dilansir melalui TubeFilter, untuk mendapatkan hasil riset yang akurat, Snap dan para partnet yang digandeng dalam studi ini telah melibatkan 4.028 pengunjung toko belanja online. Mereka ditanya mengenai pengalaman terhadap teknologi AR dan melihat pola belanja mereka, terutama konsumen dari Amerika, Inggris Prancis dan Arab Saudi.

Studi menunjukkan jika AR ternyata bisa berdampak signifikan pada jumlah trafik pengunjung sebuah toko online. Studi ini bahkan mengklaim jika penggunaan AR bisa menurunkan tingkat pengembalian barang dari pengunjung yang telah membeli, ke toko pembelian.

Tokopedia : Trend Belanja Tokopedia Sepanjang 2023, Produk Digital Naik 7 Kali Lipat

Augmented Reality

Photo :
  • Unsplash.com

Dalam studi itu terkuak, 66 persen  orang yang menemukan produk dengan tampilan AR saat membeli, tidak akan melakukan pengembalian barang atau retur.  Penelitian itu juga menemukan jika 80 persen pembeli merasa lebih percaya diri untuk membeli sebuah barang yang ditampilkan dalam format AR. Setidaknya mereka menggunakan komponen AR dalam proses belanja.

TikTok Suntik Modal ke Tokopedia, Bagaimana Dampaknya ke GOTO?

"Para pemilik brand bisa lebih memberikan inspirasi kepada pembeli saat mereka bermain-main dengan AR, mulai dari visualisasi produk untuk dicoba lebih dulu sebelum membeli, atau menghadirkan banyak gambar untuk memungkinkan pembeli melihat berbagai jenis warna produk, ukuran, atau berinteraksi menggunakan efek serta pengalaman gamifikasi," tulis pihak Snap yang mempublikasikan studi tersebut.

Fitur interaktif ini, kata pihak Snap, secara inheren menanamkan kepercayaan pada pembeli dengan menawarkan mereka tampilan produk yang lebih akurat dan lengkap.

Halaman Selanjutnya
img_title