Combo TikTok Shop dan Tokopedia: Saingan Berat bagi E-commerce Lain, Siapa yang Bakal Menang?
- Istimewa
Gadget – Langkah besar terjadi di dunia e-commerce Indonesia dengan akuisisi resmi TikTok terhadap Tokopedia dari GoTo.
Investasi mencapai lebih dari US$1,5 miliar atau sekitar Rp22,5 triliun membuat TikTok mendapatkan pengendalian atas PT Tokopedia, membuka babak baru dalam persaingan e-commerce Tanah Air.
Dalam keterangan pers yang dirilis pada Senin (11/12), TikTok akan mengoperasikan dan mengelola fitur layanan belanja dalam aplikasinya bersama PT Tokopedia.
Dampaknya tidak hanya terasa di kalangan pengguna, namun juga menggerus pangsa pasar pesaing seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.
Program unggulan yang akan diluncurkan selama periode uji coba adalah kampanye Beli Lokal, dimulai pada Hari Belanja Online Nasional, 12 Desember.
Kampanye ini, yang dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia dan TikTok, akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.
Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom CELIOS, Nailul Huda, menyatakan bahwa persaingan antara TikTok-Tokopedia dan Shopee akan menjadi sangat ketat, dengan ekosistem yang hampir sebanding dari segi layanan pembayaran hingga logistik.