Transaksi E-commerce di Indonesia Tembus Rp572 Triliun di 2023
- Digitalindo
Gadget –Hingga saat ini, e-commerce terus menjadi solusi belanja yang praktis dan terjangkau, menduduki peringkat utama sebagai pilihan favorit konsumen.
Menurut laporan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 179 juta pada tahun 2022, dengan proyeksi kenaikan menjadi 196 juta pada tahun 2023.
Bank Indonesia juga meramalkan nilai transaksi e-commerce di Indonesia hingga akhir tahun 2023 dapat mencapai Rp572 triliun.
Aditia Grasio Nelwan, selaku Head of Communications Tokopedia, menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2023, terutama dalam periode Januari hingga September, sejumlah kategori produk sangat diminati oleh konsumen Tokopedia.
Kategori-kategori tersebut melibatkan produk Rumah Tangga dan Groceries, termasuk Makanan dan Minuman, serta Kecantikan dan Perawatan Tubuh.
Melalui pertumbuhan aktivitas di Tokopedia, terlihat peningkatan jumlah penjual dan transaksi di berbagai wilayah di Indonesia.
Sebagai contoh, wilayah seperti Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan), dan Tanggamus (Lampung) mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat.
Aditia menambahkan, "Beberapa wilayah dengan pertumbuhan transaksi tertinggi mencakup Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua), dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat. Pada tahun 2023, pengiriman terjauh dilaporkan dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda."
Dalam kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk-parfum, cologne, essential oil, dan minyak pijat menjadi sangat populer di Tokopedia, dengan peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat.
Tokopedia Beauty juga menawarkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan flash sale mulai dari Rp10.000.
Sementara itu, dalam kategori Rumah Tangga, produk-alat kebersihan, pengharum ruangan, dan perlengkapan pesta mengalami peningkatan transaksi tertinggi, dengan rata-rata kenaikan mencapai 2,5 kali lipat.
Aditia menekankan, "Tokopedia hadir dengan Home Living Inspiration untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk rumah tangga dengan diskon hingga 90%."
Di sisi lain, Tokopedia juga mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam transaksi produk digital sepanjang tahun 2023.
Produk seperti pembayaran pajak daerah, e-invoicing, serta layanan internet dan TV mengalami peningkatan transaksi rata-rata lebih dari 7 kali lipat.
Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di : | |
---|---|
@gadgetvivacoid | |
Gadget VIVA.co.id | |
X (Twitter) | @gadgetvivacoid |
Whatsapp Channel | Gadget VIVA |
Google News | Gadget |