Diperintah Jokowi, Kemendag Targetkan 1000 Digitalisasi Pasar Rakyat

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah)
Sumber :
  • Tokopedia

Gadgetviva – Kementerian  Perdagangan  menargetkan  percepatan  digitalisasi  1.000  pasar  rakyat  dan  1.000.000  pedagang  usaha  mikro,  kecil,  dan  menengah  (UMKM)  di  seluruh Indonesia.  Zulkifli  Hasan, Menteri  Perdagangan  mengungkapkan  target  ini  sesuai  dengan  perintah Presiden Joko Widodo agar Kementerian Perdagangan melakukan digitalisasi pasar rakyat.

Samsung Galaxy A14 5G: Harganya Turun Lagi di Februari 2024!

 "Digitalisasi  pasar  bertujuan  agar  pasar-pasar  rakyat  memiliki  lokapasar  (marketplace)  dan  platform menuju   era   digital   yang   sekarang   sudah   masuk   di   Indonesia.   Digitalisasi   pasar   juga   akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi," ungkap Zulkifli Hasan di Bandung (25/7).

Kementerian  Perdagangan  bekerja  sama  dengan  Tokopedia  menggelar  acara  tersebut  di  Pasar  Baru Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Terpantau Harga Samsung A15 dan A15 5G Mulai Turun di Februari 2024

“Pada hari ini, saya melihat dan  memantau  secara  langsung  penerapan  digitalisasi  di  Pasar  Baru Cicalengka  melalui  lokapasar  Tokopedia.  Di  pasar  ini,  penerapan  digitalisasi  pasar  periode Januari—Desember2021  mengalami  pertumbuhan  pesanan  (order)  sebesar 5673persen  dan pertumbuhan penjualan sebesar 9382persen,”jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag  Zulkifli  Hasan,  Indonesia dengan  jumlah  lebih dari  64  juta  UMKM  memiliki  potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Transaksi Belanja Di Tiktok Capai US$ 10 Milyar di 2023

“Namun, jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada   tutupnya   pasar   konvensional.   Artinya,   ekosistem   daring   dibangun   dan   ekosistem   luring dikembangkan," jelasnya.

Ia menyebut, Kemendag bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar  rakyat  dengan  pelaku  UMKM  dan  berbagai  pemangku  kepentingan.  Di  antaranya dengan  Bank  Indonesia  melalui  program  transaksi  nontunai  Sehat,  Inovatif,  Aman,  Pakai  (SIAP)  dan Quick   Response   Code   Indonesian   Standard   (QRIS);   pemanfaatan   lokapasar   melalui   Tokopedia; pemanfaatan  ride  hailing  melalui  Grab;  penerapan  situs  web  pasar,  informasi  harga  dan  pencatatan omzet pasar melaluiSistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP); penerapan informasi harga barang kebutuhan  pokok  melalui  Sistem  Pemantauan  Pasar  Kebutuhan  Pokok  (SP2KP);  serta  penerapan pembayaran retribusi secara elektronik melalui perbankan daerah maupun nasional.

Hingga  Juli  2022  sudah  terdapat  2.047  pasar  rakyat  menggunakan  situs  web  pasar  melalui  SISP; sebanyak  10  pasar  rakyat  on-boarding  pemasaran  secara  digital  di  Tokopedia;  sebanyak  537  pasar rakyat memanfaatkan e-monitoring harga barang kebutuhan pokok (bapok) melalui SP2KP; sebanyak 9,7   juta   UMKM   memanfaatkan   SIAP   QRIS;   sebanyak   106.702   pedagang   telah   menggunakan pembayaran  retribusi  secara  elektronik  yang  on-boarding  dan  memanfaatkan  platform  digital,  serta rencana implementasi pembukaan GrabMart bagi pedagang pasardi 6 kota di Indonesia.

Zulkifli  Hasan  mengimbau  dinas  yang  membidangi  perdagangan  di  daerah  untuk  turut menyosialisasikan dan mendorong program digitalisasi pasar rakyat kepada para pengelola pasar dan pedagang pasar, sehingga dapat mempercepat program Digitalisasi Pasar Rakyat di Indonesia.