Cara Titipku Bikin Mitranya 'Naik Kelas'
- Foto: Istimewa
Gadget – Tiga komponen yang paling dianggap penting di aplikasi Titipku, yakni pedagang pasar, pembeli, dan Jatiper. Ketiganya pun selalu menjadi perhatian Titipku. Hal ini dibuktikan salah satunya melalui serangkaian acara pelatihan dan webinar yang disusun Titipku untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pedagang, Jatiper, dan pelanggan.
“Kami merasa perlu untuk mengembangkan kemampuan pedagang pasar yang merupakan UMKM agar mereka bisa tetap bersaing di tengah cepatnya perkembangan teknologi. Untuk Jatiper, kami merasa perlu mengembangkan keterampilan mereka dalam memilih produk yang dibeli atau keterampilan komunikasi saat melayani pelanggan. Terakhir, untuk pelanggan, Titipku menghadirkan serangkaian webinar terkait info parenting atau tips mengurus rumah dan keluarga lainnya yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga para Moms,” ungkap Samuel Kurniawan selaku Brand Manager Titipku.
Pria yang akrab disapa Samuel ini menjelaskan bahwa serangkaian acara pelatihan dan webinar ini disusun dengan tujuan memberi dampak positif untuk Indonesia, khususnya untuk pedagang, Jatiper, dan pelanggan Titipku.
“Dengan adanya serangkaian acara pengembangan ini, Titipku diharapkan bisa membangun ekosistem bisnis pasar yang semakin positif, dan terus tumbuh secara berkelanjutan,” tambah Samuel.
Nama Program
Samuel kemudian menjelaskan nama dan format dari masing-masing program pengembangan. “Nama program untuk pedagang adalah ‘Kampus Juragan’. Format Kampus Juragan serupa kelas di tingkat perguruan tinggi. Jadi kami memberi materi dan juga tugas untuk para pedagang,” ungkap Samuel.
“Untuk Jatiper, nama programnya adalah ‘Pekerja’,” sebut Samuel. Pekerja adalah singkatan dari Program Pengembangan Kemampuan dan Profesionalitas Jatiper. Dalam program Pekerja berisi serangkaian pelatihan yang fokus pada pengembangan Jatiper dari sisi softskill, hardskil, dan mindset yang baik.
“ Terakhir, untuk pelanggan Titipku, kami membentuk komunitas “Me Timers”. Para anggota Me Timers ini mendapat akses utama dari webinar-webinar dengan ragam topik bahasan yang digelar untuk pengembangan wawasan pelanggan,” tambah Samuel.
Salah satu webinar yang dibuat Titipku untuk para anggota Me Timers bertajuk “Parenting by Personality”. Webinar yang digelar pada Jumat (22/7) ini mengundang Nuniek Tirta Sari yang membawakan materi bagaimana cara parenting berdasarkan 16 kepribadian MBTI anak.
“Mengurus keluarga dan anak itu tidak mudah. Oleh sebab itu, webinar ini menghadirkan narasumber spesial yang bisa membantu Moms tentang cara mengurus keluarga dan berkomunikasi dengan si kecil,” ungkap Chief Marketing Officer Titipku, Faradhita Delicia, saat memberi sambutan di acara webinar.
Respons dan Pengembangan Usahanya
Samuel menjelaskan, respons pedagang, Jatiper, dan pelanggan positif terhadap acara yang Titipku susun untuk mengembangkan kemampuan dan wawasan mereka. “Kadang ada dari para peserta yang justru memberi masukan berupa ide topik pelatihan atau webinar yang mereka butuhkan. Tentunya ide-ide ini kami tampung dan jadikan bahan pertimbangan,”.
Saat ditanya soal pengembangan program ke depannya, Samuel mengatakan bahwa timnya sedang menyusun program webinar dengan platform Instagram Live.
“Pengembangan yang secara spesifik sudah kami rencanakan yaitu webinar untuk pelanggan dalam format Instagram live. Dalam format Instagram live ini, Titipku jadi bisa berbagi wawasan ke followers Instagram Titipku yang mungkin belum menggunakan Titipku. Siapa tahu, setelah menonton webinar di Instagram Live Titipku, ada yang tertarik untuk belanja di Titipku atau bahkan gabung di komunitas Me Timers. Untuk program pelatihan pedagang dan Jatiper, Titipku selalu melakukan evaluasi berkala untuk pengembangan berkelanjutan agar bisa mencapai kualitas yang next level,” pungkas Samuel.