Tren Transaksi Online di 2022, Bersiap Tumbuh di 2023
- Negative Space/Pexels
Gadget – Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan. Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen. Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Pada tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.
Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial mengatakan “Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan.”
Sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online. “Midtrans senantiasa berkomitmen untuk menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan layanan payment gateway yang terpercaya untuk kebutuhan usaha. Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.” tambah Dea.
Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:
Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.