Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Laptop dan Notebook Yang Harus Diketahui

Ilustrasi Laptop
Ilustrasi Laptop
Sumber :
  • Unsplash

Gadget – Laptop dan notebook adalah dua jenis komputer portabel yang sering digunakan oleh banyak orang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, meskipun seringkali digunakan secara bergantian, sebenarnya terdapat perbedaan antara laptop dan notebook. Berikut adalah beberapa perbedaan antara laptop dan notebook:

Ukuran dan Berat

Ukuran dan berat adalah perbedaan paling mencolok antara laptop dan notebook. Laptop biasanya memiliki layar dengan ukuran 14-17 inci dan berat sekitar 2-3 kilogram, sedangkan notebook memiliki layar yang lebih kecil, biasanya antara 10-14 inci, dan beratnya lebih ringan, sekitar 1-2 kilogram.

Karena ukurannya yang lebih kecil dan ringan, notebook lebih portabel dan mudah dibawa-bawa. Notebook seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang membutuhkan perangkat yang mudah dibawa bepergian, seperti mahasiswa atau profesional yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Kinerja

Laptop umumnya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada notebook. Hal ini karena laptop dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan komputer yang cukup kuat untuk menjalankan aplikasi berat, seperti program pengeditan video dan game berat.

Di sisi lain, notebook biasanya dirancang untuk tugas-tugas ringan, seperti mengakses internet, mengetik, dan penggunaan aplikasi perkantoran. Jadi, jika Anda membutuhkan komputer yang kuat dan dapat menjalankan aplikasi berat, maka laptop adalah pilihan yang tepat.

Harga

Laptop biasanya lebih mahal daripada notebook dengan spesifikasi yang setara. Karena laptop memiliki komponen yang lebih besar dan lebih kuat, maka biaya produksi juga lebih tinggi.

Di sisi lain, notebook biasanya lebih murah karena ukurannya yang lebih kecil dan spesifikasinya yang lebih rendah. Namun, jika Anda mencari komputer dengan harga yang lebih terjangkau, maka notebook adalah pilihan yang lebih baik.

Daya Tahan Baterai

Notebook biasanya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada laptop karena spesifikasi notebook yang lebih rendah menghasilkan penggunaan daya yang lebih rendah. Selain itu, notebook biasanya lebih hemat daya karena ukurannya yang lebih kecil.

Jadi, jika Anda membutuhkan perangkat dengan daya tahan baterai yang lebih lama, maka notebook adalah pilihan yang lebih tepat.

Faktor Formalitas

Laptop biasanya lebih besar dan lebih berat daripada notebook. Karena ukuran notebook yang lebih kecil, maka faktor forma notebook lebih ramping dan lebih ringan. Hal ini membuat notebook lebih mudah dibawa-bawa dan lebih nyaman digunakan saat bepergian.

Selain itu, notebook juga memiliki bentuk yang lebih ramping dan elegan sehingga lebih cocok untuk digunakan dalam situasi formal seperti rapat atau presentasi.

Konektivitas

Laptop dan notebook juga memiliki perbedaan dalam hal konektivitas. Laptop biasanya dilengkapi dengan lebih banyak port, seperti port Ethernet, port HDMI, portUSB, dan port untuk kartu SD.

Hal ini membuat laptop lebih mudah untuk terhubung dengan berbagai perangkat, seperti printer, proyektor, atau perangkat eksternal lainnya.

Sementara itu, notebook biasanya dilengkapi dengan port yang lebih sedikit dan ukurannya lebih kecil, sehingga penggunaan port-port tersebut harus dipertimbangkan dengan baik.

 

Upgrade

Karena laptop memiliki komponen yang lebih besar dan lebih kuat, maka biasanya komponen tersebut dapat di-upgrade dengan lebih mudah. Misalnya, pengguna laptop dapat dengan mudah mengganti RAM atau hard drive di laptop mereka.

Namun, hal ini tidak selalu mungkin dilakukan di notebook karena notebook biasanya memiliki komponen yang lebih terintegrasi.