Bahaya Penggunaan Gadget Pada Bayi

Ilustrasi Orang Tua Bermain Bersama Anak
Sumber :
  • Pexels

Gadget – Dalam era digital seperti saat ini, gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kita sering kali menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar gadget. Namun, bagaimana dengan bayi? Apakah mereka juga boleh menggunakan gadget seperti kita? Jawabannya sebenarnya sangat jelas: Tidak!

Harga Terbaru Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G April 2024, Turun Rp 600 Ribu, Tergeser Redmi Note 13 Pro?

Terdapat banyak bahaya penggunaan gadget pada bayi yang harus diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa bahaya penggunaan gadget pada bayi

Perkembangan Otak yang Terganggu

Bayi dalam usia 0-2 tahun sedang dalam masa kritis untuk perkembangan otaknya. Selama periode ini, otak bayi sangat rentan terhadap pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Paparan yang terlalu lama pada gadget bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Jamur di HP? Gak Usah Panik! Hilangkan dengan Cara Mudah Ini, Auto Hilang!

Bahkan, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi di bawah usia 18 bulan sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Sedangkan untuk bayi usia 2-5 tahun, durasi penggunaan gadget harus dibatasi hingga satu jam per hari.

Gangguan Tidur

Penggunaan gadget pada bayi dapat mengganggu pola tidurnya. Cahaya biru dari layar gadget dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin yang menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, bayi juga bisa merasa terlalu terstimulasi akibat penggunaan gadget sehingga sulit untuk tidur.

Keterlambatan Berbicara

Halaman Selanjutnya
img_title
Huawei Nova 13 Series Segera Rilis, Era 5G dan Komunikasi Satelit Dimulai!