Apple Silicon vs Windows ARM: Mengapa macOS Menang dalam Pengembangan Aplikasi

Apple Silicon vs. Windows ARM: Mengapa macOS Menang dalam Pengembangan Aplikasi
Sumber :
  • Apple

Gadget – Ketika Apple pertama kali mengumumkan transisi dari prosesor Intel ke Apple Silicon berbasis ARM pada tahun 2020, banyak yang skeptis tentang bagaimana perubahan ini akan memengaruhi ekosistem aplikasi di macOS.

Kalah Spek, Tapi Tetap Dicinta: Apa Sih yang Bikin iPhone Susah Dilepas?

Namun, dalam waktu singkat, Apple berhasil membuktikan bahwa keputusan ini adalah langkah besar menuju masa depan komputasi yang lebih cepat, efisien, dan mendukung pengembangan aplikasi secara optimal.

Di sisi lain, Windows ARM yang telah ada lebih lama, masih tertinggal dalam hal dukungan aplikasi dan performa.

Waduh! Upgrade macOS Sequoia Ternyata Tak Sempurna untuk Mac Intel, Ini Fiturnya yang Hilang!

Artikel ini akan mengupas alasan mengapa macOS dengan Apple Silicon begitu cepat dalam pengembangan aplikasi dan apa dampaknya bagi pengguna.

Spesifikasi Apple M4

Photo :
  • Apple

1. Integrasi yang Lebih Baik Antara Hardware dan Software

Harga dan Spesifikasi iPad Pro 2024

Salah satu keunggulan utama dari macOS dengan Apple Silicon adalah integrasi yang lebih baik antara hardware dan software. Apple mendesain chip Apple Silicon khusus untuk perangkat mereka sendiri, seperti MacBook, iMac, dan Mac Mini. Ini memungkinkan macOS dioptimalkan secara maksimal untuk berjalan di atas hardware yang dibuat oleh perusahaan yang sama, menghasilkan performa yang luar biasa dalam pengembangan dan penggunaan aplikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title