Modus Kejahatan Menggunakan Web WhatsApp Palsu Mengintai Isi Rekening

WA akases
Sumber :
  • wa

Gadget – Setidaknya 237 orang menjadi korban penipuan phishing dengan modus scan Web WhatsApp palsu sejak awal bulan ini.

Curiga Terhadap Pasangan, Aplikasi Sadap WhatsApp Ini Wajib Dipakai

Menurut The Straits Times, polisi melalui pernyataan menginformasikan bahwa total kerugian korban penipuan mencapai USD606.000.

Dalam kasus tersebut, tersangka pertama kali mengambil alih akun WhatsApp yang terpengaruh setelah pengguna mengklik tautan URL yang belum diverifikasi saat mencari halaman web resmi WhatsApp.

Download GB WhatsApp Pro V 17.85, Dengan Fitur Terbaru

“Menyamar sebagai pengguna akun asli, tersangka kemudian menghubungi keluarga atau teman pengguna yang tercantum dalam daftar kontak akun tersebut untuk meminta pinjaman,” jelas laporan tersebut.

Berdasarkan laporan, para tersangka biasanya mengaku membutuhkan uang tersebut untuk membayar pembelian atau membantu teman atau kerabat yang mengalami kendala keuangan.

Download WA GB WhatsApp Pro 2024 V13.50 Banyak Pengguna Mencarinya

Misalnya, tersangka mungkin mengklaim bahwa mereka perlu melakukan pembayaran untuk keadaan darurat seperti medis namun rekening bank mereka telah diblokir karena melebihi batas transfer.

Bahkan, beberapa tersangka mungkin meminta kontak tersebut untuk mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan transfer tersebut untuk meminta uang tambahan nantinya.

Halaman Selanjutnya
img_title