Pasar Ponsel Tiongkok Bergeliat: Huawei Mate 60 dan Xiaomi 14 Menjadi Pemimpin
- Huawei
Gadget - Huawei Technologies Co dan Xiaomi Corp mengemban peran utama dalam kebangkitan pasar di China, mengatasi tantangan kelebihan pasokan dan pertumbuhan ekonomi yang lesu, dan mencatatkan pertumbuhan dua digit pada Oktober.
Data dari Counterpoint Research menunjukkan peningkatan penjualan ponsel di pasar seluler terbesar di dunia tersebut sebanyak 11% selama empat minggu pertama bulan lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Huawei mencatat lonjakan sebesar 83%, sedangkan Xiaomi yang berbasis di Beijing mengalami kenaikan sepertiga.
Di sisi lain, peluncuran iPhone terbaru Apple Inc tidak begitu menggembirakan di China tahun ini, memberikan peluang kepada pesaing lokal untuk menggelar serangkaian produk baru.
Menurut Counterpoint, Huawei, yang berbasis di Shenzhen, menjadi pendorong utama pertumbuhan dengan meluncurkan seri ponsel baru Mate 60.
"Perubahan paling mencolok pada bulan Oktober terjadi di Huawei dengan peningkatan pada perangkat seri Huawei Mate 60 dan Huawei Mate 60 Pro. Pertumbuhannya sangat signifikan dengan strategi peluncuran yang efektif dan cakupan media yang kuat terkait chipset 'Made in China'-nya," ungkap analis Archie Zhang.
"Permintaan terus bertahan di tingkat dua digit, sementara efek halo juga terlihat, dengan model-model lain dari vendor tersebut meraih kinerja yang baik."
Industri ponsel China menghadapi kontraksi yang berlarut-larut akibat kelebihan persediaan yang terjadi setahun lalu saat lockdown karena kebijakan Covid Zero.
Namun, produsen chip kontrak Taiwan, Semiconductor Manufacturing Co, dan Samsung Electronics Co mengindikasikan bahwa penyesuaian persediaan akan segera berakhir dan pesanan kembali meningkat.
Korea Selatan, yang menjadi basis bagi Samsung dan SK Hynix Inc, melaporkan pertumbuhan ekspor memori untuk pertama kalinya dalam 16 bulan pada hari Selasa.
Menurut Counterpoint, situasi para produsen ponsel China telah berbalik, dengan Huawei kini menghadapi kendala dalam memenuhi permintaan yang melonjak tajam.
Sementara itu, seri 14 Xiaomi telah menerima lebih dari satu juta pesanan sejak diluncurkan pada akhir Oktober.