Apple Siap Rilis Headset Vision Lebih Terjangkau Tahun Depan, Ini Detailnya!

Apple Siap Rilis Headset Vision Lebih Terjangkau
Sumber :
  • apple

GadgetApple dikenal sebagai salah satu pionir teknologi yang selalu menghadirkan produk inovatif, dan meskipun beberapa produk mereka belum mencapai ekspektasi pasar, mereka tidak mudah menyerah. Setelah merilis Vision Pro yang dihargai sekitar $3.500, kini Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran headset realitas campuran dengan harga yang lebih terjangkau pada tahun 2025.

iPhone 11 Mulai dari Rp 2 Jutaan di Oktober 2024!

Menurut laporan terbaru dari Mark Gurman di Bloomberg, headset ini akan menjadi versi lebih murah dari Vision Pro, dengan harga sekitar $2.000. Meskipun masih tergolong mahal, angka ini lebih terjangkau dibandingkan dengan model sebelumnya. Untuk mencapai harga yang lebih rendah, Apple akan menggunakan material yang lebih murah dan prosesor yang kurang bertenaga dibandingkan versi Pro. Selain itu, fitur EyeSight—yang memungkinkan pengguna untuk memperlihatkan mata mereka kepada orang di luar headset—tidak akan disertakan pada versi ini.

Strategi untuk Menekan Harga
Meskipun mengusung harga yang lebih rendah, perangkat ini tetap diposisikan sebagai teknologi canggih di pasar headset realitas campuran. Apple kemungkinan besar akan memilih material yang lebih sederhana dan komponen internal yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan pengalaman pengguna. Misalnya, layar dalam headset ini mungkin tidak memiliki resolusi setinggi versi Pro, dan performa prosesor juga mungkin tidak sekuat yang digunakan pada Vision Pro.

Pertarungan Flagship Terbaru: Apple iPhone 15 Pro vs Samsung Galaxy S24 (Snapdragon 8 Gen 3)

Namun, Apple tetap diharapkan untuk menjaga kualitas visual dan pengalaman penggunaan yang unggul, meskipun ada penurunan dalam beberapa spesifikasi. Kamera dan fitur AR (Augmented Reality) pada headset ini tetap akan menjadi daya tarik utama, terutama bagi mereka yang mencari pengalaman teknologi mutakhir tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak pada versi Pro.

Peluncuran Vision Pro Generasi Kedua
Apple tidak hanya berhenti di sana. Laporan yang sama menyebutkan bahwa perusahaan ini berencana merilis Vision Pro generasi kedua pada tahun 2026. Versi ini diprediksi akan menyempurnakan beberapa kekurangan yang ada di model saat ini dan menawarkan peningkatan performa. Namun, hingga kini belum banyak detail yang terungkap mengenai fitur-fitur baru yang akan dibawa oleh generasi kedua dari Vision Pro ini.

iPhone 12 Mulai dari Rp 3 Jutaan di Oktober 2024!

Dalam jangka panjang, Apple tampaknya sedang membangun ekosistem perangkat realitas campuran yang lebih luas. Setelah peluncuran headset Vision, mereka juga mempertimbangkan untuk mengembangkan kacamata pintar yang mirip dengan produk Meta seperti Ray-Ban Stories. Selain itu, kemungkinan hadirnya AirPods dengan kamera pada tahun 2027 menunjukkan bahwa Apple ingin semakin menyatukan dunia nyata dan dunia digital melalui berbagai produk yang saling terhubung.

Apple dan Strategi Rumah Pintar
Tidak hanya fokus pada produk realitas campuran, Apple juga memiliki rencana besar untuk merambah pasar rumah pintar. Meskipun mereka belum berhasil menguasai segmen ini, kabarnya Apple sedang mengembangkan produk rumah pintar yang lebih terjangkau dan praktis bagi pengguna.

Halaman Selanjutnya
img_title