Fitur Baru Whatsapp Cegah Misinformasi dengan Limit Forwarding dan Blokir

Cara Simpel Sembunyikan Status WhatsApp Teman
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Manajer kebijakan publik WhatsApp Indonesia Ester Samboh mengatakan sebagai upaya mencegah beredarnya misinformasi jelang pemilu, WhatsApp mengandalkan pendekatan fitur batasi teruskan pesan (forward limit) dengan tanda panah dan blokir akun.

Download WA GB WhatsApp Pro V 18.00: Nikmati Fitur Terbaru 2024!

"Dengan tanda panah kita ingin pengguna punya persepsi untuk berhenti (sebarkan) karena lihat panah forward makin banyak bukan berarti makin benar, ini yang ingin sama-sama bisa patahkan misinformasi," kata Ester dalam acara pelatihan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Meta dengan tema Bijak Bersuara di Jakarta, Kamis.

Ester mengatakan pilar utama dalam pencegahan misinformasi di platform WhatsApp untuk menanggulangi penyebaran informasi tidak benar yang dapat merugikan pengguna.

6 Cara Mengelola Kapasitas Memori WhatsApp agar Tidak Penuh

Pesan yang sudah diteruskan dengan label satu panah hanya bisa diteruskan ke lima personal chat.

Sedangkan pada pesan yang sudah ada tanda dua panah berarti pesan sudah diteruskan berkali-kali dan hanya bisa diteruskan ke satu grup saja.

Whatsapp, Supaya Orang Tak Bisa Chat ke Kita Tanpa Blokir

Dengan adanya fitur ini, WhatsApp telah mengurangi 70 persen pesan viral yang dibatasi penyebarannya.

Selain itu juga ada fitur blokir dan laporkan untuk akun atau pesan yang menyebarkan berita tidak benar, sehingga WhatsApp bisa menindak akun tersebut untuk menghentikan penyebaran ke pengguna lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title