Survei Sebut Pengguna Android Cuma Bisa Beli iPhone Jadul

iPhone 11
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget -- Hasil survei yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengungkapkan pola menarik di kalangan pengguna smartphone. Temuan tersebut menyoroti tren beralihnya sejumlah pengguna Android ke model iPhone yang lebih lama.

iQOO Z9 vs Z9x: Pertarungan Smartphone Performa Tinggi di Indonesia!

Menurut survei, terdapat konsistensi dalam persentase pengguna yang bermigrasi dari Android ke iOS, dengan angka berkisar antara 11 persen hingga 19 persen dari tahun 2019 hingga 2023. Puncak tertinggi terjadi pada tahun 2022, dengan lonjakan sebesar 15 persen, yang menandakan kemungkinan puncak sebelum terjadinya penurunan pada tahun 2023.

Dilansir dari Gizchina, Selasa, 5 Maret 2024, stabilitas dalam tren ini mungkin disebabkan oleh tantangan yang melekat dalam proses peralihan sistem operasi, termasuk transfer data dan adaptasi terhadap antarmuka pengguna baru.

5 Keunggulan Mac Mini M2: Perpaduan Sempurna, Performa Super Cepat dengan Desain Elegan!

Iphone 11 Jadul

Photo :
  • Unsplash.com

Namun, data menunjukkan perubahan yang menarik dalam perilaku pembelian pengguna Android. Berbeda dengan pengguna iPhone yang cenderung melakukan upgrade ke model terbaru (hanya 21 persen yang memilih model lama), mayoritas (29 persen) pengguna Android lebih tertarik pada iPhone SE 3, 12, atau 13 (termasuk versi mini).

6 Cara Untuk Melakukan Update OS Android TV Anda

Tren ini tidak hanya terbatas pada model-model tertentu, karena sebagian besar pengalih menunjukkan preferensi untuk membeli model iPhone lama secara umum. CIRP juga menyelidiki alasan di balik preferensi ini.

Salah satu penjelasan menarik adalah kesadaran akan anggaran dari banyak pengguna Android. Mereka seringkali berasal dari pasar ponsel Android yang lebih terjangkau, sehingga menjadikan model iPhone yang lebih murah sebagai pilihan yang sesuai dengan keterbatasan finansial dan kebutuhan mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title