Fitur Baru Android 15 Bisa Lacak Ponsel Saat Mati

Android 15
Sumber :
  • android

Gadget – Pada ponsel pintar dengan sistem operasi Android, fitur "Find My Phone" sebagai fitur pelacakan sudah menjadi hal umum dan sering dimanfaatkan saat pengguna mencari ponsel mereka.

10 Fitur Luar Biasa Hadir di Android 15

Namun, ada satu kekurangan dari fitur pelacakan tersebut, yaitu tidak dapat digunakan jika ponsel dalam keadaan mati.

Disebutkan bahwa melalui Android 15, Google berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan memperkenalkan Powered Off Finding.

Update Harga Realme di Mei 2024 Hadirkan Beragam Pilihan Smartphone, Mulai Rp1 Jutaan!

Ditemukan pertama kali oleh Android Police, sistem aplikasi ini pada dasarnya bekerja dengan menyimpan suara Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya di dalam memori pengontrol Bluetooth.

Meskipun terdengar menarik, fitur ini masih menghadapi kendala, yaitu membutuhkan perangkat keras khusus agar perangkat dapat memberi daya pada pengontrol Bluetooth sehingga dapat berfungsi bahkan ketika ponsel benar-benar mati.

Lupa Arah Jalan yang Pernah Dilalui, Berikut 8 Langkah Melihat History diGoogle Maps

Oleh karena itu, mungkin diperlukan sedikit cadangan daya baterai agar fitur ini dapat beroperasi. Rumor awal menyebutkan bahwa fitur ini mungkin akan debut di Pixel 9, namun yang terbaru menyebutkan bahwa fitur ini mungkin juga akan hadir pada Pixel 8 jika diperbarui dengan sistem operasi Android 15.

Selain persyaratan perangkat keras, upaya rekayasa perangkat lunak yang signifikan juga diperlukan untuk mendukung Bluetooth Finder HAL (Hardware Abstraction Layer).

Halaman Selanjutnya
img_title