Apple Berencana Tambahkan Kecerdasan Buatan Generatif dari Google atau OpenAI ke iPhone

Apple Bidik Teknologi AI Gemini Google untuk iPhone 16
Sumber :
  • Engadget

GadgetApple dikabarkan tengah melakukan pembicaraan aktif dengan Google dan OpenAI untuk menghadirkan kecerdasan buatan generatif seperti ChatGPT atau Gemini ke dalam iPhone. Hal ini terungkap dari laporan baru yang ditulis Bloomberg.

Android 15 Makin Keren, Bakal Punya Fitur untuk Cek Kesehatan Memori Penyimpanan Internal

Meskipun telah mengintegrasikan berbagai fitur machine learning dalam update terbaru, Apple disorot karena belum memperkenalkan fitur besar yang didukung oleh teknologi di balik sistem seperti chatbot atau generator gambar AI.

Chief Executive Apple, Tim Cook, telah berkali-kali menyatakan bahwa Apple sedang mengembangkan alat-alat baru, dan baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka sedang sangat sibuk, menghabiskan waktu dan materi yang besar untuk membuat fitur berbasis AI. 

Bocoran Terbaru iPad Air 2024, Pakai Teknologi Layar Baru agar Harga Makin Terjangkau

"Fitur tersebut diperkirakan akan hadir tahun ini juga", kata Tim Cook.

Salah satu yang tengah digarap Apple adalah versi baru dari Siri yang akan menggunakan teknologi model bahasa besar yang sama seperti yang ada di ChatGPT. Banyak dari fitur tersebut diperkirakan akan berjalan langsung di iPhone.

Lenovo Tab M11: Tablet Canggih untuk Beragam Kebutuhan dengan Fitur Luar Biasa!

Namun, perusahaan juga sedang bekerja untuk menyertakan sistem cloud seperti yang dibuat oleh Google dan OpenAI, demikian laporan Bloomberg. Ini bisa memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar dengan teks, misalnya.

Teknologi AI dari Google sudah terintegrasi dalam perangkat Pixel-nya sendiri, serta beberapa yang dibuat oleh Samsung. Namun, belum jelas bagaimana teknologi itu akan disertakan dalam iPhone Apple, dan apakah akan eksplisit bahwa itu didukung oleh Google.

Halaman Selanjutnya
img_title