Cara Setting Samsung Galaxy Watch5 Sebelum Olahraga Lari

samsung galaxy watch5
samsung galaxy watch5
Sumber :
  • SamsungID

Gadget – Samsung Galaxy Watch5 diperkirakan akan menjadi gadget favorit para peminat olahraga. Seiring dengan diperlonggarnya aktivitas menjelang endemi Covid-19, olahraga lari ramai kembali. Apalagi saat Car Free Day dibuka kembali, banyak orang yang tak olahraga jalan santai tapi juga lari dan bersepeda.

Ajang lari marathon kini kembali marak. Tak hanya di Jakarta tapi juga beberapa kota besar lainnya, yang juga dijadikan ajang untuk berwisata. Sepatu dan jersey lari pun diburu. Bahkan riset Statista menyebut jika revenue ada segmen olahraga di Indonesia tahun ini diperkirakan mencapai USD3,17 juta atau setara Rp47 miliar.

Samsung Galaxy Watch

Samsung Galaxy Watch

Photo :
  • Samsung

Tak hanya jersey lari dan sepatu, gadget sandang (wearable) pun menjadi yang paling dicari oleh para peminat olahraga. Salah satunya adalah jam tangan pintar dari Samsung. Terbaru, brand asal Korea itu meluncurkan Galaxy Watch5 series.

Tidak sedikit para pelari yang kemudian memanfaatkan fitur pada jam tangan ini. Pasalnya, di dalam jam tangan pintar ini ada banyak fitur pendukung untuk memaksimalkan kebugaran tubuh saat berlari. Mulai dari mengatur langkah, jarak tempuh, sampai analisa tubuh.

Nah, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan sebelum, saat olahraga dan sesudah berlari.

Sebelum lari, ada baiknya kita memahami kondisi tubuh terlebih dahulu agar tidak overtraining untuk merasakan manfaat lari yang optimal. BioActive Sensor pada Galaxy Watch5 mampu memberikan pembacaan menyeluruh terhadap tubuh kita, dari detak jantung, kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, hingga tingkat stres. 

Berikut cara memonitor kondisi tubuh melalui fitur Health Monitoring:

  1. Pilih pengukuran yang ingin kamu, misalnya pengguna ingin mengukur detak jantung, scroll ke “Heart Rate” dan ketuk “Measure”.
  2. Ikuti panduan dan tunggu sejenak saat Watch5 melakukan pengukuran.
  3. Lihat hasilnya di smartwatch, atau buka Samsung Health di smartphone untuk hasil yang lebih detail.

Setelah mengetahui kondisi tubuh, kita bisa memilih jenis lari yang sesuai dengan kemampuan pengguna dengan menggunakan fitur Interval Training. Caranya mudah:

  1. Pilih menu olahraga “Running” di daftar Exercise di Galaxy Watch5.
  2. Ketuk “Setting” untuk mengatur target.
  3. Aktifkan “Target” sebelum berolahraga.
  4. Pilih “Interval” untuk mengatur waktu serta jarak untuk setiap set olahraga kamu berdasarkan durasi, jarak, kalori yang ingin dibakar.
  5. Masukkan “Recovery Time” dan “Repeat” atau ulangi set untuk membuat sesi latihan pribadimu. Sehingga kamu dapat step up ke intensitas yang diinginkan dan menyusun sesi latihan yang unik, beda, namun tetap sesuai kebutuhan dalam menjaga kebugaran tubuh secara optimal.

Untuk memahami tubuh lebih lanjut, kita juga bisa memakai fitur Body Composition untuk cek berat badan hingga kadar lemak dalam tubuh, lalu pasang target komposisi tubuh proporsional sesuai karakteristik badan kita. Fitur-fitur ini sangat membantu sebagai panduan dalam menentukan intensitas lari yang ingin dilakukan dan membuat rutinitas lari jadi lebih terarah.

Galaxy Watch5 dengan harga mulai dari Rp. 3.499.000 (40mm) dan Rp. 3.999.000 (44mm). Galaxy Watch5 Pro (45mm) bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 6.499.000.