Pasar PC dan Konsol Game 2023 Naik 2,6 Persen: Tantangan dan Tren Terbaru

Konsol game
Sumber :
  • techExplore

Gadget – Menurut laporan terbaru dari Newzoo, pasar PC dan konsol game mengalami pertumbuhan sebesar 2,6% pada tahun 2023. Namun, jam bermain game mengalami penurunan selama tahun tersebut, menjadi sorotan utama dalam analisis pasar.

Gara-gara Galaxy S24 Series, Samsung Jadi Raja Lagi

Tom Wijman, analis utama di Newzoo, menyatakan, "Meskipun pasar game telah pulih setelah sedikit penurunan pada tahun 2022, pertumbuhan yang signifikan masih belum terlihat dalam waktu dekat." Dia menambahkan bahwa meskipun demikian, optimisme tetap ada, dengan adanya tren dan strategi kemenangan untuk menarik pemain baru, bersaing dalam waktu bermain, dan menghubungkan game dengan media mainstream.

Kondisi ini menjelaskan mengapa perusahaan game memperluas dengan merekrut karyawan dan membuka studio baru selama pandemi, ketika jam bermain meningkat drastis. Namun, pada tahun 2023, sekitar 10.500 orang di-PHK, diikuti dengan 8.000 orang pada tahun ini, karena bisnis game mengalami stagnasi ketika orang kembali ke kebiasaan sebelum pandemi.

Fitur-Fitur Impian Para Gamer di Nintendo Switch 2

Industri ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan moderat di tengah tantangan pasar. Pendapatan pasar PC dan konsol tumbuh 2,6% pada tahun 2023, mencapai $93,5 miliar. Namun, rata-rata waktu bermain per kuartal mengalami penurunan sebesar 26% sejak kuartal pertama tahun 2021, dengan pemain menghabiskan lebih dari 60% waktu bermain pada game yang dirilis enam tahun atau lebih yang lalu.

Akhir dari Konsol Game?

Saat Microsoft dan Sony bersiap memperkenalkan konsol game terbaru pada 2020, game yang dihantarkan dan disimpan secara daring—di cloud—semakin menjadi tren.

Sony Bersiap Rilis PS5 Pro: Spek Tinggi, Harga Mengejutkan?

Namun, apakah popularitas cloud gaming ini berarti konsol game yang Anda beli selanjutnya mungkin akan menjadi yang terakhir? Tidak selalu. Meskipun kita dapat dengan mudah mengalirkan musik, TV, dan film, masih masuk akal untuk memiliki konsol, yang pada dasarnya adalah komputer kuat yang didedikasikan sepenuhnya untuk game dan hiburan, di rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
img_title