3 Fitur di Galaxy Z Fold4 5G untuk Multitasking

Galaxy Z Fold
Galaxy Z Fold
Sumber :
  • Foto: Istimewa

Gadget – Samsung Galaxy Z Fold4 5G menjadi smartphone yang diandalkan untuk para pebisnis muda. Pasalnya, smartphone lipat generasi baru itu memiliki fitur yang mempermudah para pekerja untuk melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking).

Samsung Galaxy Z Fold4 5G adalah buah dari inovasi lini smartphone Galaxy yang berkelanjutan, sekaligus menjadi smartphone Samsung paling powerful sampai saat ini. Samsung menggabungkan berbagai keahlian teknologinya untuk menciptakan Galaxy Z Fold4 5G yang kini menawarkan pengembangan fungsionalitas baik saat dibuka, ditutup, maupun dalam Flex Mode. Menariknya lagi, ini adalah perangkat pertama yang menjalankan Android 12L, versi Android khusus yang didesain Google untuk pengalaman menggunakan perangkat layar besar yang lebih baik, termasuk pada foldable.

Galaxy Z Fold4 5G

Galaxy Z Fold4 5G

Photo :
  • SEIN

Galaxy Z Fold4 5G menghadirkan pengalaman multitasking yang paling mudah, sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak hal bahkan saat bepergian. Fitur Taskbar baru menawarkan layout layaknya PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan. Perangkat ini pun memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif berkat swipe gesture terbaru. Pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan dalam menikmati lebih banyak cara untuk multitasking.

Berikut tiga fitur unggulan produktivitas yang harus kamu ketahui.

Taskbar di Galaxy Z Fold4 5G seperti di layar laptop

 

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Photo :
  • SamsungID

 

Samsung Galaxy Z Fold4 5G memiliki layar yang cukup luas di bagian dalam, mencapai 7,6 inci dengan panel Foldable Dynamic AMOLED 2X. Pada generasi terbaru ini, bezel-nya dibuat lebih tipis dan rasio layar disempurnakan supaya lebih pas untuk jalankan lebih dari satu aplikasi—salah satunya bisa diakses secara mudah lewat Taskbar baru.

Aktif secara default, Taskbar pada Galaxy Z Fold4 5G bakal tampilkan deretan aplikasi favorit yang sudah kamu pilih dan atur pada barisan bawah menu awal alias home screen. Selain itu, ditampilkan juga dua aplikasi terakhir yang telah diakses di sebelah kanan, sehingga memudahkan pengguna untuk berpindah aplikasi.

Bahkan kamu dapat mengakses daftar aplikasi lengkap dengan menekan tombol yang berada di paling kiri Taskbar, alias mirip seperti tampilan Samsung DeX saat perangkat disambungkan ke monitor eksternal. Selain memudahkan berpindah aplikasi, kamu juga bisa multitasking lebih cepat, semudah menarik ikon aplikasi dari Taskbar ke bagian layar.

Posisikan saja sesuai keinginan, apakah ingin ke bagian kiri atau kanan layar untuk jalankan dua aplikasi, atau ke tengah layar untuk menjalankan aplikasi tersebut dalam mode pop-up view. Jadi alternatif lain selain menggunakan gestur dua jari dari ujung layar, tinggal pilih sesuai selera.

App Pairs bisa pasangkan dua aplikasi sekaligus

 

Galaxy Z Fold4 5G

Galaxy Z Fold4 5G

Photo :
  • SEIN

 

Kalau melalui Taskbar saja sudah membantu, adakah cara lain untuk menjalankan dua atau lebih aplikasi lebih cepat lagi? Tentu saja, yakni lewat fitur yang Samsung sebut dengan App Pairs. Di mana lewat satu sentuhan, kamu bisa membuka beberapa aplikasi yang sudah diatur sebelumnya sesuai preferensi pribadi.

Misalnya, untuk memulai hari, kamu ingin mengecek sejumlah email yang masuk baik dari email pribadi maupun kantor. Kemudian ingin akses aplikasi to-do list untuk menuliskan hal-hal penting yang harus dilakukan sepanjang hari. Ketiga aplikasi tersebut bisa diakses satu waktu, kemudian sentuh tombol di tengah layar dan klik ikon bintang, kemudian pilih opsi Taskbar.

Ketika hendak akses tiga aplikasi tersebut, kamu tak lagi perlu mengaksesnya satu persatu. Cukup sentuh pintasan App Pairs yang sudah dibuat, maka ketiganya akan terbuka secara otomatis dalam mode multitasking. Kamu juga bisa mengatur App Pairs lain, seperti Twitter & Spotify untuk mendengarkan podcast favorit sambil berinteraksi dengan teman pada jam istirahat.

Text Extraction, ambil teks dari gambar

 

Text Extraction Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Text Extraction Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Photo :
  • SamsungID

 

Dengan proteksi layar yang kian diperkuat, Samsung Galaxy Z Fold4 5G juga sudah mendukung input stylus S Pen Fold Edition. Aksesori ini berikan banyak fungsi tambahan selain memungkinkan pengguna untuk menulis atau membuat coretan sketsa dengan tingkat yang sangat presisi. Salah satunya adalah Text Extraction, memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk mengenali tulisan tangan dan meng-copy tulisan ke dalam teks.

Sehingga tulisan tersebut dapat dipindahkan ke aplikasi lain seperti kalender, baik lewat copy & paste maupun drag & drop saat multitasking. Lewat fitur Air Command, Text Extraction juga bisa digunakan untuk mengambil porsi teks pada bagian yang umumnya tak bisa dipilih secara manual. Seperti teks pada gambar atau teks bio pada profil Instagram seseorang.

Selain tiga fitur di atas, Samsung Galaxy Z Fold4 5G masih bisa berikan banyak dukungan produktivitas lainnya, lewat kombinasi software dan hardware terbaik. Seperti penggunaan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 5G yang semakin kencang dan hemat daya, serta opsi penyimpanan hingga 1TB untuk menyimpan beragam file secara offline.

Galaxy Z Fold4 5G bisa didapatkan dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) sebagai opsi tertinggi. Ada sejumlah opsi warna menarik yang dapat dipilih, seperti Graygreen, Phantom Black, Beige dan Burgundy. Di mana beberapa warna tersebut merupakan opsi warna baru.