Dampak Gempa Taiwan pada Industri Ponsel dan Supply Chain Teknologi

Chipset Oppo A78
Sumber :
  • Oppo

Gadget – Sebuah gempa dengan magnitudo 7.4 SR yang melanda Taiwan pada Rabu pagi telah menelan sembilan nyawa, melukai ratusan lainnya, dan mengancam untuk mengganggu rantai pasokan teknologi. Menurut NBC News, gempa tersebut terjadi sekitar 11 mil di selatan-barat daya Hualien dengan kedalaman sekitar 21 mil, serta memicu peringatan tsunami yang akhirnya dicabut.

MediaTek Umumkan Chipset Dimensity 6300

Bloomberg melaporkan bahwa beberapa produsen chip lokal, termasuk pemimpin pasar Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., telah menghentikan operasi. Perusahaan tersebut mengatakan telah memindahkan staf dari area tertentu dan sedang mengevaluasi situasi.

United Microelectronics Corporation, produsen chip lain di wilayah tersebut, mengatakan gempa tersebut memicu tindakan keselamatan otomatis di pabrik di Hsinchu dan Tainan yang mempengaruhi sebagian wafer dalam jalur produksi. Namun, semua staf aman, dan tidak ada dampak material pada operasi perusahaan. Oleh karena itu, bisnis dan pengiriman kembali normal, kata UMC.

iPhone 17 Pro Diprediksi Jadi yang Pertama Gunakan Chipset 2nm dari TSMC

TSMC adalah produsen kontrak terkemuka untuk beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia termasuk Apple dan Nvidia. Mengganggu salah satu roda penting dalam rantai pasokan bisa memiliki efek seperti domino.

Bum Ki Son dan Brian Tan, analis Barclays, mengatakan beberapa chip high-end memerlukan operasi tanpa henti 24/7 dalam keadaan vakum selama berminggu-minggu. Menghentikan operasi berpotensi merusak chip yang sedang dalam proses produksi.

Kolaborasi dengan Perusahaan Taiwan, Qualcomm akan Rilis Snapdragon 8 Gen 4

Meskipun belum pasti, kebanyakan orang tidak percaya gempa tersebut akan sepenuhnya menghentikan rantai pasokan teknologi seperti yang kita lihat dengan peristiwa besar lainnya.

Berbeda dengan Covid di mana segalanya di seluruh dunia berhenti tiba-tiba, Taiwan hanya satu bagian dari rantai pasokan teknologi, dan sepertinya infrastrukturnya tidak sepenuhnya hancur seperti yang kita lihat dengan banjir dahsyat di Thailand pada tahun 2011 yang menyebabkan harga hard drive melonjak.

Halaman Selanjutnya
img_title