Mengenal Apple's Dynamic Island, Notch Interaktif di iPhone 14 Pro

Dynamic Island
Sumber :
  • Foto: Istimewa

Gadget – Apple memperkenalkan Dynamic Island saat memamerkan iPhone 14. Dynamic Island disebut sebagai inovasi Apple yang paling mencengangkan tahun ini. Tidak heran jika para Apple Fanboy makin kepincut iPhone.

iPhone 13 Turun Harga Mulai 9 Jutaan di iBox, Cek Segera!

Sebelum memamerkan Dynamic Island, tidak dipungkiri jika Apple memang pionir 'poni' di layar smartphone. Apple memperkenalkan notch pada 2017, tepatnya saat meluncurkan iPhone X. Di sana tersimpan system kamera TrueDepth dan menjadi rumah dari kamera selfie.

Kemudian, lima tahun setelahnya, Apple memberikan kemampuan canggih pada notch tersebut. Tidak hanya sekedar ruang hitam yang kaku dan hanya sebagai rumah kamera selfie, kini notch bisa lebih interaktif, bisa berubah menjadi bentuk dan ukuran yang berbeda. 

iPhone SE 3: Harga 4 Jutaan, Chipset A15 Bionic, di era iPhone SE 4!

Dynamic Island

Photo :
  • Foto: Istimewa

Yang menarik, pengguna bisa berinteraksi dengan notch yang kini berubah menjadi Dynamic Island tersebut. Sistem notch yang ada sekarang kini lebih berguna dan tidak mengganggu. Meski ukurannya kecil, namun bisa dijadikan sebagai tempat notifikasi, baik untuk notifikasi panggilan masuk, pemberitahuan, otentikasi Face ID, navigasi, putar musik, dan sebagainya.

Apple Vision Pro Akhirnya Meluncur! Simak Harganya di Indonesia

Pengguna dapat mengetuk atau menekan lama pada area tersebut untuk mengakses berbagai fungsi atau meluncurkan aplikasi. Anggap saja sebagai multitasking shortcut, yang masih menyembunyikan kamera depan TrueDepth serta sensor yang mengaktifkan Face ID.

Secara default, Dynamic Island berbentuk seperti pil. Ukuran ini bekerja dengan menggabungkan dua notch. Apple menggunakan perangkat lunak untuk menambahkan piksel hitam pada layar OLED. Software juga digunakan agar ukuran dan bentuk Dynamic Island bisa berubah.

Halaman Selanjutnya
img_title