Penjualan Perangkat iPhone Merosot 10 Persen

iPhone 14 Pro Max
Sumber :
  • notebookcheck

Gadget – Pada kuartal pertama 2024, terjadi peningkatan angka pengiriman ponsel secara global sebesar 7,8 persen. Namun, terdapat penurunan yang signifikan pada pengiriman iPhone, hampir mencapai 10 persen.

Bocoran Terbaru iPad Air 2024, Pakai Teknologi Layar Baru agar Harga Makin Terjangkau

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple mencatatkan pengiriman sebanyak 50,1 juta unit selama kuartal pertama 2024, turun 9,6 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 55,4 juta unit. Hal ini juga tercermin pada penguasaan pasar, dimana iPhone saat ini menguasai 17,3 persen pasar global, turun dari 20,7 persen pada kuartal pertama 2023. Meskipun demikian, Apple masih berada di posisi kedua, di bawah Samsung.

Samsung sendiri mencatatkan pengiriman sebanyak 60,1 juta unit pada kuartal pertama 2024, mengalami penurunan sedikit dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, yang mencapai 60,5 juta unit. Meskipun mengalami penurunan, Samsung masih mendominasi pasar dengan 20,8 persen.

HarmonyOS Akan Dinikmati Pasar Global

Sementara itu, pabrikan ponsel asal China, seperti Xiaomi dan Transsion, mengalami peningkatan signifikan dalam angka pengiriman dan penguasaan pasar. Xiaomi mencatatkan pengiriman sebanyak 40,8 juta unit pada kuartal pertama 2024, naik 33,8 persen dari tahun sebelumnya, sementara market share mereka naik menjadi 14,1 persen. Transsion, yang memiliki merek ponsel seperti Tecno, Itel, dan Infinix, juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan pengiriman sebanyak 28,5 juta unit, naik hampir dua kali lipat dari periode sebelumnya, dan penguasaan pasar mencapai 9,9 persen.

Menurut Ryan Reith dari IDC, pemulihan industri smartphone terus berlanjut, dengan optimisme pasar yang perlahan bangkit di antara merek-merek teratas. Dia memperkirakan bahwa Apple dan Samsung akan mempertahankan posisi mereka di pasar flagship, tetapi kebangkitan pabrikan ponsel China seperti Huawei, Xiaomi, Transsion, OPPO / OnePlus, dan vivo, kemungkinan akan membuat keduanya mencari area untuk berkembang dan melakukan diversifikasi.

Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di :
Instagram@gadgetvivacoid
FacebookGadget VIVA.co.id
X (Twitter)@gadgetvivacoid
Whatsapp ChannelGadget VIVA
Google NewsGadget
Aplikasi iOS Mood.camera Menghadirkan Pengalaman Fotografi Analog