Xiaomi dan realme Mau Jiplak Notch Dynamic Island iPhone 14?

Dynamic Island
Dynamic Island
Sumber :
  • Foto: Istimewa

Gadget – Dua produsen smartphone asal China, Xiaomi dan realme telah secara terbuka mengungkap kekagumannya pada notch baru Apple di iPhone 14 yang cukup futuristik. Notch bernama Dynamic Island itu hanya ada di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sejatinya, tak hanya realme dan Xiaomi tapi juga semua pengguna smartphone cukup terkejut dengan pembaharuan yang bisa dilakukan pada notch, yang biasanya hanya sebuah ruang gelap yang menjadi rumah kamera selfie. Namun tidak sekarang. Notch di iPhone 14 Pro lebih dinamis, bisa berubah bentuk dan menampilkan banyak notifikasi yang masuk ke ponsel. Bahkan bisa terbagi menjadi dua.

Rupanya kompetitor iPhone menyambut positif teknologi baru ini. Setidaknya pada Xiaomi dan realme yang dikabarkan telah menunjukkan ketertarikan secara terbuka di media sosial. Keduanya bahkan dikabarkan sedang mencari cara untuk bisa memodifikasi teknologi notch seperti Dynamic Island.

 

Dynamic Island

Dynamic Island

Photo :
  • Foto: Istimewa

 

Presiden Xiaomi, Lu Weibing memposting sebuah pertanyaan di Weibo, yang ditujukan untuk para fans Xiaomi. Dia bertanya, "apakah mi fans ingin melihat 'smart island' di ponsel Xiaomi berikutnya". Demikian dikutip dari MySmartPrice, Kamis, 22 September 2022.

Sedangkan realme dikabarkan telah melangkah lebih jauh. Dalam postingan di forum yang ditujukan kepada penggemar realme, mereka bertanya apakah mereka ingin melihat fitur "dream island" di ponsel Realme nantinya. 

“Bisakah Anda bayangkan bagaimana jika realme UI menambahkan trik perangkat lunak untuk mengubah rumah kamera menjadi fitur multifungsi?” kata pihak realme, masih dikutip MySmartPrice. 

“UI di sekitar lubang kamera dapat berubah menjadi berbagai bentuk dan ukuran untuk menampilkan panggilan telepon masuk, peringatan, notifikasi, dan banyak lagi.” lanjut mereka.

Realme berusaha membuat konsep ini "menarik" sebelum menyerahkannya kepada para penggemar untuk berdiskusi dan membuat sketsa melalui kompetisi.

Namun begitu, belum ada bukti yang menyebutkan jika Xiaomi dan realme akan mengadopsi Dynamic Island dalam produk mereka berikutnya. Setidaknya, postingan mereka menegaskan jika Dynamic Island merupakan fitur yang cukup menarik dan bisa dipertimbangkan.