4 Fitur di Smartwatch yang Bikin Olah Raga Lari Makin Maksimal

Samsung Galaxy Watch5 Pro
Samsung Galaxy Watch5 Pro
Sumber :
  • SamsungID

Gadget – Olah raga lari makin digemari. Apalagi saat ini banyak event dan momentum rutin yang membuat olah raga ini makin digemari. Tak hanya sekedar membuat bugar, lari juga bisa membuat kita bersosialisasi dan membentuk pertemanan sehat.

Menurut data Ayolari.in, di tahun 2021 saja ada sekitar 148 event lomba lari yang digelar di tanah air. Sedangkan di tahun 2022 yang baru akan berakhir 3 bulan lagi, tercatat sudah hampir 100 event lari di gelar, belum termasuk lomba lari virtual.

Tidak heran jika kemudian perangkat smartwatch pun menjadi hal yang patut dimiliki oleh para pegiat olahraga lari. Setidaknya, mereka sudah mulai memahami arti penting fitur-fitur yang terdapat di dalam jam tangan tersebut.

 

Samsung Galaxy Watch5 Pro

Samsung Galaxy Watch5 Pro

Photo :
  • SamsungID

 

Desain Tangguh

Bagaimana tidak? Selain desainnya yang keren dan daya tahan yang kokoh, sebuah smartwatch yang banyak diminati kini adalah yang harus bisa dibawa untuk berolahraga di luar rumah. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah terkait pandemi sudah mulai longgar dan banyak event yang dilakukan di outdoor. 

Satu produsen yang baru saja mengeluarkan smartwatch kekinian adalah Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan banyak varian Galaxy Watch5, yang salah satunya adalah varian Pro. Seperti namanya, Samsung ingin menghadirkan jam tangan pintar untuk pengguna yang sangat pro dalam olahraga atau kegiatan ekstrim.

Daya tahan tangguh yang dimaksud di Galaxy Watch5 Pro adalah bodi yang terbuat dari titanium. Selain itu, layar depannya juga dibekali saphire crystal yang memiliki kekuatan dua kali lebih baik dari seri terdahulunya, Galaxy Watch4. 

Selain desain, daya tahan baterai juga menjadi sangat penting untukk olahraga luar ruang. Kini di Galaxy Watch5, kapasitas baterai yang diusung sebesar 590 mAh. Kapasitas sebesar ini bisa menjamin daya tahan sampai seharian penuh, walaupun GSP menyala terus menerus.

Aplikasi 3rd Party

Jam tangan pintar buatan Samsung ini tidak hanya memiliki daya tahan yang cukup kuat, tapi juga dibekali dengan banyak fitur bawaan. Jika tidak cukup dengan fitur bawaan saja, kita bisa mencari aplikasi yang diinginkan untuk mendukung olah raga lari.

Nah, di Samsung Galaxy Watch5 Pro, olahraga lari bisa terkoneksi dengan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh dari Playstore yang ada di jam tangan. Atau bisa juga langsung masuk ke aplikasi Galaxy Wearable. 

Asal tahu saja, Galaxy Watch5 Pro bisa dijejali dengan aplikasi pendukung olah raga lari yang sudah ternama. Aplikasi yang dimaksud seperti Strava, Adidas Running, Komoot sampai Coach to 5K.

Untuk menghadirkan aplikasi tersebut, selain dari PlayStore, pengguna Galaxy Watch juga bisa mengunduh dari Galaxy Wearable. Tinggal buka Galaxy Wearable, lalu pilih aplikasi seperti yang telah disebutkan di atas, dari Store yang terdapat di Wearable.

TrackBack Biar Ga Nyasar

Bagi pelari profesional, lari bisa dilakukan sampai berjam-jam dengan rute yang cukup panjang. Nah, di Galaxy Watch5 Pro, Samsung mencoba untuk membuat kamu mengandalkan semua fitur-fitur agar lebih mudah, termasuk untuk mencari jalan kembali saat kamu lari jauh. Samsung menyebutnya TrackBack.

Untuk menggunakan TrackBack, geser layar jam tangan kemudian masuk ke panel pengaturan. Sentuh menu Pengaturan lalu pilih TrackBack. Di sini, kamu akan bisa melihat jalur yang tadi ditempuh, untuk memandu kamu kembali ke garis Start. Jangan lupa, ikuti panduan agar kamu bisa mengikuti jalan yang benar.

Data yang cukup komprehensif

Galaxy Watch5 Pro didesain untuk pengalaman yang komprehensif dari hulu ke hilir yang tidak hanya mencakup kegiatan olahraga, tetapi juga fase seusai olahraga, istirahat, dan proses pemulihan. Alat ukur Body Composition memberikan gambaran lengkap akan kesehatan umum pengguna, memberikan pendekatan yang personal yang memungkinkan pengguna dalam menentukan target, memandu mereka dalam menjalani latihan yang terpersonalisasi, dan melacak kemajuan yang diperoleh. Saat waktunya istirahat, Galaxy Watch5 menyediakan data-data bermanfaat terkait kondisi tubuh pengguna, seperti detak jantung setelah olahraga yang intens dan rekomendasi terkustomisasi untuk konsumsi air minum berdasarkan cairan tubuh yang hilang.