Review Galaxy Z Flip4 5G, Andalan Baru untuk Daily Driver

Galaxy Z Flip4 5G
Galaxy Z Flip4 5G
Sumber :
  • Sarie/GadgetViva

Gadget – Sejak pertama kali Samsung Galaxy Z Flip4 5G muncul, rasa penasaran terhadap ponsel lipat makin menggebu-gebu. Pasalnya, sejak generasi awal Z Flip, kami sudah sempat mencoba generasi kedua dan tiga. Makanya, di Flip4 ini, kami ingin merasakan perbedaannya.

Kebetulan kami memiliki kesempatan untuk mencoba Galaxy Z Flip4 5G selama lebih dari dua pekan. Dari sisi kemasan, masih terlihat tipis dan mungil dengan mengusung kotak berwarna hitam. Di dalam kemasannya terdapat satu unit Galaxy Z Flip4 5G, buku panduan, kartu garansi, serta kabel charger tanpa kepala. Semua dikemas dengan ringkas dan padat.

Desain mewah, diajak nongkrong auto high-class

Memegang Galaxy Z Flip4 5G pertama kali, memang cukup mengesankan. Awalnya kami khawatir pada engsel untuk buka tutup perangkat. Saking kinclongnya, kami juga khawatir perangkat licin dan mudah tergelincir dari tangan. Ketakutan kami cukup beralasan, mengingat smartphone lipat dari Samsung itu harganya cukup mahal. 

 

Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

 

Tapi ternyata aman. Meski bodi belakang kinclong, tapi sedikit kesat sehingga tidak perlu khawatir licin atau tergelincir. Posisi genggaman pun cukup nyaman karena tidak terlalu berat. Hanya 187 gram. Saat terbuka, ukuran Galaxy Z Flip4 5G cukup panjang, sekitar 165,2 milimeter, lebih kecil ketimbang seri pendahulunya. 

Layarnya mengusung Ultra Thin Glass berbasis Dynamic OLED 2X berukura 6,7 inci. Intinya, lebih tipis sekaligus lebih kokoh. Hampir sama dengan ukuran ponsel pada umumnya, hanya saja lebih tipis jadi terlihat lebih mungil. Saat tertutup, sudah pasti ukurannya lebih mungil lagi walaupun jadi tebal. Namun bentuk kotak mungil itu membuat Galaxy Z Flip4 5G bisa dimasukkan ke mana saja. Kantong celana, kantong baju, bahkan microbag sekalipun.

Saking kokohnya bodi smartphone lipat itu, proses buka cangkang harus menggunakan dua tangan. Namun saat proses menutup, bisa dilakukan hanya dengan satu tangan. Bodi luarnya sudah diperkuat dengan material kaca Gorilla Glass Victus, termasuk pada kaca Cover Screen, sehingga tak perlu was-was kalau suatu saat terjatuh secara tidak sengaja. Masing-masing kaca kameranya pun terlindungi dari Gorilla Glass DX, nggak perlu khawatir baret. Sisi bezel gunakan material metal yang kuat, dan hinge atau lipatannya juga terasa lebih kokoh.

 

Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

 

Untuk urusan daya tahan air, Z Flip4 5G sudah ada jaminan sertifikasi IPX8. Ini artinya, belum ada jaminan untuk ketahanan terhadap debu tapi sudah bisa dibawa memotret bawah kolam renang, tentunya kolam renang berukuran tidak lebih dari 2 meter, dan tidak boleh lebih dari 30 menit durasinya.

Bagian lipatan di tengah juga seolah semakin tipis, sama sekali tidak mengganggu ketika menonton video dalam mode layar penuh. Kamu juga tak perlu khawatir untuk membuka-tutup perangkat secara intens. Karena Samsung sendiri sudah melakukan pengujian internal, dan setidaknya Galaxy Z Flip4 5G tetap normal setelah melalui 200 ribu kali proses buka tutup layar.

Cover Screen yang Makin Berfaedah

Samsung hadirkan fungsi yang lebih lengkap pada Cover Screen alias layar luar Galaxy Z Flip4 5G. Di mana kamu bisa mengecek pesan sekaligus membalasnya, sampai akses pintasan seperti data seluler dan Wi-Fi secara langsung.

 

Cover Screen

Cover Screen

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

 

Opsi untuk personalisasi jam dengan gambar bergerak sampai AR Emoji tentu tersedia. Lalu bagaimana dengan kamera? Kali ini kamu bisa akses lebih banyak mode, termasuk mode portrait secara mudah. Bahkan rasio pengambilan foto bisa diubah sesuai preferensi, alias tak lagi sebatas 1:1 saja. Semakin pas untuk para content creator menggunakan smartphone.

Bagaimana dengan Flex Mode pada Galaxy Z Flip4 5G? Ketika kamu membuka lipatan layar dengan kemiringan antara 75-115 derajat, secara pintar tampilan konten di dalam aplikasi bakal lakukan penyesuaian. Saat memutar video di YouTube atau panggilan video lewat Google Duo, misalnya, video bakal otomatis berada di setengah atas layar. Kolom komentar maupun tombol kendali lainnya bakal otomatis menyesuaikan posisi di layar bawah.

Kamera Flagship yang Jadi Andalan

Samsung juga berikan cukup banyak peningkatan kualitas kamera Galaxy Z Flip4 5G. Sensor utamanya kini punya dimensi yang jauh lebih besar, sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak untuk foto lebih detail dan cerah. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, memang terlihat kualitas gambar yang lebih tajam, serta pengambilan foto low-light yang lebih mudah. Termasuk ketika ambil selfie langsung dari Cover Screen dengan kamera utama.

 

FlexCam

FlexCam

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

 

Perekaman videonya juga semakin mulus berkat paduan OIS dan VDIS yang bekerja secara bersamaan. Dan dengan mengaktifkan fitur Auto framing, kamu bisa meletakkan smartphone dan lakukan perekaman video dari kamera belakang. Kamera smartphone bakal otomatis memposisikan frame sesuai pergerakan subyek, supaya tidak ada momen yang terlewat.

Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva
Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva
Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva
Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Selfie di Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

Rusa di Taman Safari

Rusa di Taman Safari

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

Dan peningkatan yang paling menyenangkan lainnya ada pada sektor baterai. Kapasitas baterai Galaxy Z Flip4 5G meningkat dari 3,300 mAh menjadi 3,700 mAh. Ditambah dengan penggunaan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, konsumsi dayanya bisa jauh lebih efisien daripada generasi sebelumnya. Sekaligus suhu bodi lebih terjaga.

Ketika menggunakan Galaxy Z Flip4 5G, tak perlu lagi khawatir harus menghemat penggunaan supaya bisa bertahan seharian. Kamu bisa bebas akses kamera dari Cover Screen, bermain gim sampai akses aplikasi hiburan favorit lewat layar utama tanpa takut menghabiskan banyak daya. Proses pengisian dayanya pun juga cepat, berkat dukungan fast charging 25W.

 

Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G

Photo :
  • Sarie/GadgetViva

 

Tertarik untuk membeli Samsung Galaxy Z Flip4 5G? Ada empat opsi warna utama (Graphite, Pink Gold, Bora Purple, Blue) yang bisa kamu pilih, plus Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition yang hadirkan 75 kombinasi warna berbeda pada tampilan eksteriornya. Bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/128GB), Rp14.999.000 (8GB/256GB), dan Rp16.999.000 (8GB/512GB).