Lepaskan Bayang-bayang Nokia, HMD Bakal Pamer Pulse dan Vibe
- HMD
Gadget – Human Mobile Devices atau HMD memang dikenal sebagai produsen ponsel bermerek Nokia selama bertahun-tahun, namun sekarang perusahaan ingin mulai menjual ponsel dengan mereknya sendiri. Pertama adalah seri "HMD Pulse", serangkaian tiga ponsel low-end yang ditujukan untuk Eropa. Amerika Serikat juga akan mendapatkan ponsel bermerk HMD, yaitu HMD Vibe, tetapi itu baru akan tersedia pada bulan Mei.
Eropa akan mendapatkan HMD Pulse seharga 140 euro atau setara Rp2,4 juta, Pulse+ seharga 160 euro atau Rp2,7 juta, dan Pulse Pro seharga 180 euro (Rp3,1 juta). Jika dilihat dari harga, ini ditujukan untuk Eropa untuk saat ini. Namun, jika dikonversikan ke USD, itu sekitar $150, $170, dan $190, secara berturut-turut.
Dengan hanya $20 perbedaan antara tiap model, tidak ada perbedaan besar dari satu model ke model berikutnya. Semuanya menggunakan chipset Unisoc T606 yang murah. Ini adalah chip 12 nm dengan dua inti Cortex A75 Arm, dua inti A55, ARM Mali-G57 MP1, dan hanya mendukung 4G. Sebelumnya, HMD menggunakan chip ini di Nokia G22 2023. Semuanya juga memiliki layar LCD 6,65 inci dengan refresh rate 90 Hz, resolusi 1612×720 piksel, penyimpanan 128GB, dan baterai 5.000 mAh.
HMD Pulse untuk Eropa
Untuk perbedaan, model dasar memiliki RAM 4GB, kamera utama belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, dan pengisian daya kabel 10 W. Model Plus meningkatkan kamera utama menjadi 50 MP, sedangkan model Pro memiliki RAM 6GB, kamera utama 50 MP, kamera depan 50 MP, dan pengisian daya kabel 20 W. Ada kamera lensa kedua di bagian belakang, tetapi tampaknya hanya berupa "depth sensor" 2 MP di semua model.
Model Pro memiliki desain yang sedikit lebih buruk daripada ponsel yang lebih murah, dengan bezel yang lebih tebal dan dagu yang lebih besar. Selain itu, ponsel-ponsel ini memiliki desain yang hampir identik, dan semuanya terlihat bagus untuk ponsel dengan harga ini. Sepertinya ponsel-ponsel tersebut terlihat seperti ponsel murah biasa, non-waterproof, hanya saja strategi pemasarannya yang baru.