Kewaspadaan Meningkat Saat Bermain Game di Jam Istirahat Sekolah

Bermain Game
Sumber :
  • Sumber : Istimewa

Gadget – Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal "Nature Human Behaviour" menemukan bahwa bermain video game aksi selama satu jam secara signifikan dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan.

Harga Terbaru Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G April 2024, Turun Rp 600 Ribu, Tergeser Redmi Note 13 Pro?

Tim peneliti dari University of York di Inggris menemukan bahwa para pemain video game aksi memiliki kemampuan yang lebih baik untuk fokus pada tugas-tugas yang menantang dan untuk menghindari gangguan.

Fenomena ini membuat para ilmuwan mulai merenungkan dampak permainan video terhadap pikiran manusia.

Atasi HP Android Lemot Penuh Memori dengan 7 Trik Jitu Ini!

“Kami telah mencatat bahwa mahasiswa seringkali bermain video game seluler selama istirahat kelas, meningkatkan tingkat konsentrasi setelah sesi permainan singkat tersebut,” jelas ketiga penulis penelitian, Biye Wang, Jiahui Jiang, dan Wei Guo. Temuan ini diterbitkan di PeerJ, seperti dilansir dari Wion News pada Minggu (10/12/2023).

Dalam studi ini, para peneliti merekrut 120 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok bermain video game aksi selama satu jam, sementara kelompok lainnya bermain video game yang lebih santai.

Era Nintendo Wii U dan 3DS Resmi Berakhir: Server Online Ditutup

Setelah satu jam, para peserta menjalani tes kewaspadaan yang mengukur kemampuan mereka untuk fokus pada tugas-tugas yang menantang dan untuk menghindari gangguan.

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang bermain video game aksi memiliki skor yang lebih tinggi dalam tes kewaspadaan daripada peserta yang bermain video game yang lebih santai.

Halaman Selanjutnya
img_title