Kominfo Siapkan Sistem Rating untuk Game di Indonesia

Mabar Game
Sumber :
  • Foto: Dok. Istimewa

Gadget – Kominfo menyadari jika industri game di tanah air tumbuh pesat. Tidak heran jika kemudian mereka sepakat untuk membuat sistem rating untuk game yang berkeliaran di Indonesia.

Diamond Gratis di Free Fire Advance Server 2024! Ayo Coba Fitur Baru!

Hal ini diungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan. Menurutnya, pemerintah sangat mendukung dalam pengembangan industri game untuk menopang pertumbuhan ekonomi digital.

"Salah satu upaya kami dalam mendorong perkembangan ekosistem industri game Indonesia diawali dengan kebijakan seperti IGRS. Ini adalah kebijakan yang bertujuan untuk memberi panduan kepada para publisher untuk menentukan batas usia para pemain gimnya," jelas Semuel dalam keterangan resminya, Selasa, 18 Oktober 2022.

Free Fire Advance Server 2024 Dibuka: Dapatkan Diamond Gratis dan Coba Fitur Baru!

Tahun 2021, jumlah pendapatan total industri game di Indonesia mencapai USD1,1 Miliar. Menurut Dirjen Semuel, angka tersebut merupakan potensi besar untuk dikembangkan. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menyiapkan regulasi berupa Indonesia Game Rating System (IGRS).

Selain itu, Kementerian Kominfo menginisiasi Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) bersama dengan Asosiasi Game Indonesia dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program yang sudah dimulai sejak tahun 2019 itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, dan nilai produk dari para pengembang game di Indonesia melalui akademi, karir, serta business dan conference.

Epic Games Bagikan 3 Game Gratis! Kesempatan Terakhir!

“Pemerintah berharap IGDX dapat mendorong peningkatan kemampuan daya saing pengembang game Indonesia di kancah global,” ungkap Dirjen Aptika Kementerian Kominfo. 

Lewat IDGX, Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan kemampuan daya saing pengembang game nasional agar dapat mengakuisisi pasar dalam negeri dan internasional. 

Halaman Selanjutnya
img_title