Manfaat Puasa Ramadan Untuk Tubuh

ilustrasi Ramadan
Sumber :
  • tvone

Gadget – Bulan Ramadan, yang segera tiba, menandai waktu di mana miliaran umat Muslim di seluruh dunia menjalani puasa wajib selama sebulan penuh.

Galaxy A25 5G Juga Bisa Bikin Sehat Saat Ramadan

Selain memiliki makna spiritual, puasa Ramadan juga diyakini memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Meskipun telah banyak pembicaraan tentang manfaat puasa dalam jangka waktu yang panjang, implikasi biologis dari pembatasan kalori yang berlangsung lama masih belum sepenuhnya dipahami.

5 Game Android Dihindari Saat Ramadhan, Bisa Bikin Batal Puasa!

Namun, para peneliti kini telah melakukan analisis yang cermat terhadap perubahan sistemik yang terjadi di berbagai organ selama periode puasa yang berlangsung lama, baik dampak positif maupun negatifnya terhadap kesehatan.

Dalam penelitian ini, 12 sukarelawan sehat direkrut untuk menjalani puasa selama tujuh hari, di mana mereka hanya diperbolehkan minum air tanpa makanan.

5 Aplikasi Penunjang Ibadah Ramadhan Tahun Ini

Para peserta dipantau dengan ketat selama periode ini, sementara para peneliti mengukur perubahan pada sekitar 3.000 protein darah yang berbeda setiap harinya.

Hasil temuan mereka menunjukkan bahwa tubuh para relawan beralih ke sumber energi alternatif dalam beberapa hari pertama puasa, mulai membakar simpanan lemak daripada glukosa.

Halaman Selanjutnya
img_title