Akhir Dekade Ini, Bulan Sudah Bisa Dihuni Manusia

Artemis 1
Sumber :
  • Euronews

Gadget – NASA memastikan jika di akhir dekade ini, Bulan sudah bisa dihuni manusia. Hal ini diungkap oleh para peneliti Badan Luar Angkasa Amerika tersebut usai sukses meluncurkan roket Artemis.

Mengenalkan Euclid Sebuah Teleskop Luar Angkasa yang Mempelajari Materi Gelap

Baru kali ini Artemis sukses meluncur dengan sempurna setelah sebelumnya NASA berkali-kali gagal. Artemis 1 telah berhasil meluncur dengan sempurna dari Kennedy Space Center di Florida.

"Tentu saja, dalam dekade ini, manusia sudah bisa hidup di Bulan dalam jangka waktu tertentu, tergantung berapa lama mereka berada di permukaan. Mereka akan bisa memiliki habitat dan menjadi penjelajah di darat atau permukaan Bulan," ujar Manager Program Orion, Howard Hu, dikuti dalam wawancaranya dengan BBC, Senin, 21 November 2022.

Ini Komet Pertama yang Bakal Sambangi Bumi

Menurut Hu, NASA akan mengirim lebih banyak orang ke permukaan bulan yang akan tinggal di sana dan melakukan penelitian. Ini disebutnya sebagai langkah pertama yang dilakukan untuk melakukan eksplorasi ruang angkasa dalam waktu yang lama. 

"Tidaka hanya untuk Amerika tapi juga dunia. Saya rasa ini adalah hari yang bersejarah bagi NASA, dan juga orang-orang yang mencintai dunia penerbangan luar angkasa, serta eksplorasi luar angkasa secara mendalam," kata Hu.

12 Musuh Utama yang Pernah Dilawan Oleh Naruto, Siapa Paling Kuat?

Hu menegaskan jika NASA akan kembali meluncurkan roket ke Bulan, mengirim orang dan mengeksplorasi lebih dalam lagi, seperti program yang berkelanjutan. Mereka telah mempersiapkan banyak pesawat dan kendaraan untuk membawa manusia kembali ke sana.

Dinamakan setelah dewi bulan Yunani dan saudara perempuan dewa Apollo, misi bulan pertama NASA yang bernama Artemis ini akan melihat pembangunan Lunar Gateway atau stasiun ruang angkasa baru, tempat para astronot dapat tinggal dan bekerja.

Halaman Selanjutnya
img_title