Ini Komet Pertama yang Bakal Sambangi Bumi

Komet C/2022 E3 (ZTF)
Sumber :
  • NASA

Gadget – Komet C/2022 E3 (ZTF) diprediksi akan bisa dilihat semua orang. Bahkan dengan mata telanjang. Komet ini akan menjadi yang pertama menyambangi bumi dan paling bisa dilihat tahun ini.

Daftar Anime Studio Ghibli Berlatar Teknologi Ruang Angkasa

Komet yang diberi nama C/2022 E3 (ZTF) itu saat ini sedang melewati tata surya bagian dalam.  Ia akan melakukan pendekatan terdekatnya ke matahari, atau perihelion, pada 12 Januari,  kemudian akan melewati Bumi dan melintasi planet kita (perigee), antara 1 Februari dan 2 Februari 2023.

Memang, sulit memprediksi kedatangan komet yang bentuknya terang dan bisa terlihat. Namun meskipun C/2022 E3 (ZTF) memudar, komet tersebut masih dapat terlihat dengan teropong atau teleskop selama beberapa hari di sekitar jarak dekatnya.  Menurut NASA, pengamat di belahan bumi utara akan dapat menemukan komet di langit pagi, saat bergerak ke arah barat laut selama bulan Januari.

Melangkah ke Masa Depan: Berikut Anime Berlatar Bioteknologi

C/2022 E3 (ZTF) akan terlihat oleh pengamat di Belahan Bumi Selatan pada awal Februari 2023. Pengamat harus mencari C/2022 E3 (ZTF) saat bulan redup di langit, dengan adanya bulan purnama pada 21 Januari 2023, dan dukungan cuaca, bisa jadi komet akan bersinar paling terang.

Komet diduga C/2017 K2

Photo :
  • in-the-sky.org
Misteri UFO : Benda Diduga UFO Diamankan CIA

Menurut situs Starlust, komet akan berada di konstelasi Camelopardalis saat mendekat. Sedangkan NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) mengatakan jika komet tersebut memiliki periode sekitar 50.000 tahun. Ini berarti, sebelum mencapai sekitar 100 juta mil (160 juta kilometer) dari matahari pada 12 Januari dan 26 juta mil (42 juta kilometer) dari Bumi pada 2 Februari, komet ini terakhir kali terlihat pada zaman Paleolitik.

Artinya, manusia terakhir yang dapat melihat C/2022 E3 (ZTF) adalah homo sapiens awal yang hidup selama periode glasial atau zaman es terakhir. Atau dengan kata lain, ada sebagian Neanderthal yang pernah melihat komet ini muncul di zamannya. Pasalnya, spesies manusia itu punah sekitar 10.000 tahun lalu, setelah perihelion terakhir dari komet C/2022 E3 (ZTF).

Halaman Selanjutnya