Mengenal Concept Nyx Besutan Dell, Digadang Jadi Teknologi Masa Depan

Demo VR Dell Concept Nyx
Demo VR Dell Concept Nyx
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Beberapa tahun belakangan muncul pertanyaan bagaimana orang akan berinteraksi saat semua “dunia” tersebut saling bersinggungan? Peralatan apa yang akan dibutuhkan manusia untuk dapat berpindah antar lokasi dengan mulus? Bagaimana jika mereka tidak mau menggunakan headset dan berada di dunia virtual selama delapan jam sehari - apakah mereka akan dikucilkan dari sejumlah proyek atau kesempatan kolaborasi di masa depan?

Dell mencoba menjawab semua pertanyaan ini dengan teknologi yang mereka miliki. Berbekal hasil inovasi dari lab, Dell mencoba menawarkan apa yang disebutnya sebagai Concept Nyx.

Laboratorium Dell dilengkapi dengan berbagai demo dan konsep imersif pilihan untuk membantu proses pengujian dan eksplorasi untuk mencari jawaban bagaimana Dell akan bisa membantu manusia bergerak antara berbagai ruang dan tugas yang berbeda secara intuitif di masa depan. Dari rancangan Virtual Reality (VR) yang sepenuhnya imersif hingga pengalaman Mixed Reality (XR) yang menggunakan layar dan alat-alat lainnya, yang tidak meniadakan penggunaan headset VR, semua lingkungan tersebut membantu perusahaan mengembangkan berbagai konsep seperti Concept Nyx Companion.

Konsep Nyx Companion, dirancang sebagai perangkat ringan berwujud tablet yang dapat dilihat dan diakses dalam lingkungan VR dan XR, bisa menjadi sebuah alat yang konsisten digunakan di semua lingkungan tersebut dan dapat memastikan semua konten pengguna tetap berada di satu tempat meski mereka berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya atau dari satu tugas ke tugas lainnya. Pengguna tidak perlu lagi mengambil foto catatan yang ada di papan tulis atau menyalinnya untuk diunggah ke lingkungan yang lain, mereka cukup mengambil screenshot lingkungan proyek tersebut dan/atau menyalin konten untuk dibagikan di beberapa layar sekaligus.

Digunakan bersama dengan Concept Nyx Stylus, seseorang bisa membuat catatan suara atau tulisan, kemudian menarik dan meletakkan (drag + drop) catatan tersebut ke lingkungan kolaborasi digital dan virtual. Atau bahkan menggunakan fitur aktivasi suara untuk membuat gambar AI - fitur yang sempurna untuk seseorang yang tidak memiliki bakat artistik. 

Semua alat tersebut juga bisa digunakan bersama dengan Concept Nyx Spatial Input dalam sebuah lingkungan desktop masa depan, dengan keyboard, dan mouse, serta mungkin layar 3D juga. Dell terus mencari cara-cara kreatif untuk menghubungkan semua alat-alat tradisional ini untuk menciptakan ruangan yang rapi. 

Selain itu, Dell juga terus mengupayakan gerakan-gerakan intuitif untuk berinteraksi dengan konten – contohnya, menggunakan ujung Stylus untuk menulis dan bagian atasnya digunakan untuk berinteraksi dengan konten di layar, atau menggunakan Spatial Input sebagai tombol untuk menghadirkan tampilan 360° atau memperbesar detail tertentu.