WhatsApp Hadirkan Fitur Baru untuk Sembunyikan Lokasi saat Teleponan

whatsapp call
Sumber :
  • freepik

GadgetWhatsApp baru-baru ini memperkenalkan fitur terbaru yang menghadirkan lapisan keamanan tambahan bagi pengguna Android dan iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan lokasi mereka selama melakukan panggilan, menggunakan jalur koneksi melalui server WhatsApp.

Apple Hadirkan 5 Fitur AI Generatif untuk Edit Foto di iOS, iPadOS dan macOS

Menurut tim teknik WhatsApp, fitur ini bekerja dengan menyembunyikan lokasi pengguna dari peserta panggilan lain. Ini dicapai dengan beralih dari koneksi langsung peer-to-peer standar antara penelepon, menggunakan server WhatsApp untuk mengaburkan metadata alamat IP. Meskipun panggilan tersebut melewati server WhatsApp, perusahaan menekankan bahwa semuanya dienkripsi secara end-to-end, sehingga panggilan tersebut tetap aman dari penyadapan.

Cara Sembunyikan Lokasi selama WhatsApp Call

WhatsApp menjelaskan bahwa panggilan grup selalu diteruskan melalui servernya secara default. Ini merupakan langkah yang diambil untuk memberikan tambahan privasi, terutama bagi pengguna yang sangat peduli dengan keamanan informasi pribadi mereka.

Download WA GB WhatsApp Pro V 18.00: Nikmati Fitur Terbaru 2024!

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengakses pengaturan di bawah opsi "Lindungi Alamat IP dalam Panggilan" pada bagian Privasi dan Lanjutan. Langkah ini sejalan dengan upaya WhatsApp untuk terus meningkatkan privasi pengguna. Sebelumnya, perusahaan telah memperkenalkan fitur "Senyapkan Penelepon Tidak Dikenal" untuk menyaring panggilan otomatis dari kontak yang tidak dikenal.

Fitur tersebut tidak hanya memblokir panggilan yang tidak diinginkan, tetapi juga memberikan pengguna visibilitas terhadap panggilan-panggilan penting yang mungkin tertandai sebagai mencurigakan secara keliru. Ini membantu dalam mengidentifikasi panggilan spam, penipuan, dan serangan "zero-click" yang memanfaatkan otomatisasi penelepon.

WhatsApp Akan Tambah Verifikasi Email

Halaman Selanjutnya
img_title
Ini Fitur Unggulan Android 15: Mampu Melacak Ponsel Hilang, Bahkan Saat Mati!