Konektor Power RTX 4090 Meleleh, Ini Kata Teknisi

Konektor Power RTX 4090 Meleleh, Ini Kata Teknisi
Sumber :
  • Reddit

Gadget - Sudah lebih dari setahun sejak laporan awal mengenai masalah daya GeForce RTX 4090 yang meleleh, namun ini terus berlanjut. Seorang teknisi dari NorthridgeFix mengklaim bahwa dia harus memperbaiki sekitar seratus kartu grafis GeForce RTX 4090 dengan konektor yang rusak setiap bulannya. Yang membuat hal ini semakin mengkhawatirkan adalah klaim teknisi bahwa kegagalan konektor bukanlah kesalahan pengguna, tetapi akar dari cacat dalam desain konektor itu sendiri.

Laptop Huawei Bikin Geger! DPR AS Murka, Ada 'Mata-Mata' di Dalamnya?

"Kami mendapat sekitar 20 hingga 25 [kartu grafis GeForce RTX] 4090 [setiap] minggu," ungkap teknisi tersebut dalam video terbaru di saluran YouTube NorthridgeFix.

Volume yang mencengangkan ini menunjukkan seberapa umumnya masalah ini terjadi pada model tertentu. Untuk menyoroti seberapa banyak kartu grafis GeForce RTX 4090 yang masuk ke layanan perbaikan, teknisi tersebut mengungkap bahwa dia harus menggunakan masker setengah wajah dan pemurni udara untuk melindungi kesehatannya saat memperbaiki konektor yang meleleh.

Infinix Raih Peringkat 6 Perusahaan Paling Inovatif menurut Fast Company 2024

"Kami mendapat begitu banyak hingga saya harus membeli masker Hiroshima ini, sehingga saya tidak perlu mencium bau terbakar pada konduktor-konduktor itu," jelasnya. "Bau itu seperti kembang api dikali sepuluh. Ini tidak sehat terus-menerus mencium konektor yang terbakar."

Pada November 2022, Nvidia merespons laporan tentang 50 kasus konektor daya GeForce RTX 4090 yang meleleh. Sikap resmi perusahaan adalah bahwa masalah tersebut bukan karena konektor yang rusak, melainkan kesalahan pengguna—khususnya, bahwa konektor tersebut tidak sepenuhnya terpasang ke kartu grafis.

Indosat dan NVIDIA Menjadi Pemimpin AI Cloud di Indonesia

Meskipun Nvidia membantah adanya kecacatan desain dalam konektor daya PCIe tambahan 12VHPWR, perkembangan terbaru menunjukkan sebaliknya. PCI SIG telah mengambil inisiatif untuk merancang ulang konektor daya, memperkenalkan yang baru, 12V-2x6. Perancangan ulang ini mengatasi kekurangan utama 12VHPWR—daya pemasangan—dan mengubah aspek-aspek lain dari spesifikasinya. Hal ini menunjukkan bahwa spesifikasi konektor 12VHPWR sangat cacat sehingga PCI SIG harus merancang ulang secara menyeluruh.

"Sekarang bisa dikatakan bahwa konektor meleleh pada [GeForce RTX] 4090 bukanlah masalah pengguna," tegas teknisi tersebut. "Kami sudah membahasnya berkali-kali sebelumnya, tetapi saya ingin menyebutkannya yang terakhir bahwa ini bukanlah kesalahan pengguna."

Halaman Selanjutnya
img_title