Bahaya! 13 Aplikasi Android yang Bisa Ambil Alih Ponsel Kamu Tanpa Izin

Ilustrasi Aplikasi Malware di Android
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Sebuah peringatan telah dikeluarkan oleh Tim Riset Seluler McAfee, menyebutkan bahwa sejumlah aplikasi berbahaya dengan backdoor Android, atau yang mereka sebut sebagai Xamalicious, telah ditemukan mengintai di dalam ponsel Android. Ancaman ini mengejutkan karena dapat mengambil alih ponsel cerdas Anda tanpa izin.

5 Tips Hilangkan Iklan di HP Infinix

McAfee menegaskan bahwa perangkat Android dapat terinfeksi dalam dua tahap yang mengkhawatirkan.

Tahap pertama melibatkan upaya aplikasi untuk memperoleh hak aksesibilitas dengan menggunakan rekayasa sosial.

871 WNI Terkena Dampak Penguntitan Stalkerware

Setelah itu, aplikasi berkomunikasi dengan server perintah dan kontrol untuk menilai apakah akan mengunduh muatan tahap kedua.

"Jika muatan kedua diunduh dan dipasang, maka muatan tersebut mengambil kendali penuh atas perangkat dan berpotensi melakukan tindakan penipuan yang bermotif finansial seperti mengeklik iklan tanpa izin pengguna," demikian laporan McAfee seperti yang dikutip dari Gatgets Now.

Microsoft Putus Dukungan Aplikasi Android di Windows 11, Amazon Appstore Terkena Dampak

Aplikasi yang terinfeksi malware menggunakan metode "social engineering" untuk memperoleh hak aksesibilitas, memungkinkan perangkat pengguna berkomunikasi dengan server command-and-control tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.

Setelah muatan kedua diunduh, telepon mengambil kendali penuh atas perangkat, berpotensi melakukan tindakan penipuan seperti mengeklik iklan dan memasang aplikasi tanpa persetujuan pengguna.

Halaman Selanjutnya
img_title