Waspada! Modus Penipuan Baru dengan QR Code Mengatasnamakan Microsoft dan Office 365

Modus Penipuan Terbaru Pakai QR Code
Sumber :
  • nbcboston

Gadget – Dunia maya kembali dihebohkan dengan modus penipuan terbaru yang mengincar pengguna melalui surat elektronik atau email.

Infinix Raih Peringkat 6 Perusahaan Paling Inovatif menurut Fast Company 2024

Kali ini, pelaku penipuan memanfaatkan QR Code sebagai senjata utama mereka.

Global cybersecurity company, Kaspersky, melaporkan bahwa penipuan ini menyasar korban dengan mengirim email palsu menggunakan nama-nama perusahaan terkemuka seperti Microsoft dan Office 365.

Laptop Microsoft Canggih Bertenaga AI untuk Pebisnis: Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6

Dilansir dari siaran pers resmi Kaspersky pada Senin (8/1/2024), modus penipuan ini menggunakan berbagai trik untuk membuat pengguna terjebak.

Salah satunya adalah mengirimkan email dengan QR Code yang berisi ajakan mencurigakan, seperti 'pindai kode QR untuk mengakses ke akun Anda'. Pesan semacam ini juga sering kali mengancam bahwa kata sandi akun akan segera kedaluwarsa.

Apple Tertinggal dalam AI Generatif, Lirik Teknologi AI Google untuk iPhone

Setelah pengguna terperangkap dan memindai QR Code, mereka kehilangan akses ke email mereka. Hal ini mendorong korban untuk segera mengubah kata sandi dan mengikuti instruksi lebih lanjut yang diberikan oleh para pelaku penipuan.

Ada juga email yang memberi tahu penerima bahwa 'sesi pengautentikasi telah berakhir hari ini', dengan tujuan menggiring mereka untuk memindai QR Code sebagai tindakan autentikasi ulang.

Halaman Selanjutnya
img_title