Bard Ganti Nama Jadi Gemini, Luncurkan Layanan Berbayar Untuk Pengguna

Bard Ganti Nama Jadi Gemini, Luncurkan Layanan Berbayar Untuk Pengguna
Sumber :
  • Google

GadgetGoogle memutuskan untuk mengganti chatbot Bard menjadi Gemini untuk menyesuaikan dengan nama teknologi kecerdasan buatan yang digunakan sebagai basisnya, yakni Gemini.

Saldo DANA Gratis dari Google Untuk Kamu! Aplikasi aman dan menguntungkan, Klaim Sekarang Juga!

Gemini merupakan model bahasa besar (large language model/LLM) yang baru diluncurkan pada akhir tahun lalu. LLM sendiri adalah sistem yang mendasari chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Selain mengumumkan rebranding, Google juga meluncurkan layanan berbayar Gemini Advanced yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan versi gratisnya. Harga bulannya adalah 20 dolar AS atau sekitar Rp 313 ribu (kurs Rp 15.643,9).

Android 15 Makin Keren, Bakal Punya Fitur untuk Cek Kesehatan Memori Penyimpanan Internal

Pelanggan akan mendapatkan penyimpanan komputasi awan (cloud) sebesar 2 terabyte secara gratis, termasuk akses Gemini di Gmail dan layanan produktivitas Google. Integrasi ini akan membuat langganan Google selaras dengan cara orang bekerja saat ini.

Google akan memulainya dari perangkat Android yang memiliki basis pelanggan yang besar. Perusahaan mengatakan pengguna Android bisa memilih chatbot Gemini sebagai asisten digital di handphone (HP) mereka secara default, mengaksesnya melalui aplikasi, tombol power, atau dengan mengucapkan 'Hey Google'.

4 Cara Kosongkan Kapasitas Penyimpanan Google Drive Tak Perlu Membayar

Google mulai merilis Gemini di smartphone Android di AS, sementara wilayah lain macam Asia Pasifik dan Amerika Latin akan menyusul pekan depan dengan tambahan dukungan bahasa Jepang dan Korea. Pengguna bisa uji coba berlangganan selama dua bulan tanpa biaya.

Google One AI Premium, paket yang mengintegrasikan Gemini, penyimpanan cloud, hingga akses AI di Gmail, ini merupakan jawaban Google untuk bersaing dengan produk kecerdasan buatan milik Microsoft dan OpenAI.

Halaman Selanjutnya
img_title