AI Wajib Ada Disetiap Konten Video Youtube

Youtube
Sumber :
  • Youtube.com

GadgetYouTube telah mengeluarkan kebijakan baru yang mewajibkan para pembuat konten untuk menandai konten yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI).

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Tampil Slay Ala Idol K-Pop Korea

Menurut laporan dari The Verge, para kreator akan menemukan kotak centang yang harus mereka pilih saat mengunggah konten untuk mengklarifikasi bahwa konten tersebut dibuat dengan bantuan AI.

Mereka diharuskan untuk menjelaskan secara rinci bagaimana konten tersebut tidak asli, misalnya dengan menyebutkan bahwa audio atau visual yang ditampilkan telah diedit atau dibuat dengan bantuan AI generatif.

Infinix Hadirkan Smart TV 43X5: Hiburan Berkualitas dengan Harga Hanya 2 Jutaan!

Namun, perlu dicatat bahwa kewajiban ini hanya berlaku untuk konten yang benar-benar dibuat menggunakan AI. Jika konten hanya menggunakan filter kecantikan atau efek khusus, YouTube tidak akan mewajibkan penandaan khusus.

Pada bulan November, YouTube merinci kebijakan konten yang dihasilkan AI dengan dua tingkatan aturan: aturan ketat yang melindungi label dan artis musik, serta pedoman yang lebih longgar untuk semua orang. Misalnya, musik deepfake dapat dihapus oleh label artis jika mereka tidak menyukainya.

10 Top Token AI dan Big Data Project Wajib Pantau di Halving Bitcoin 2024

YouTube juga mengungkapkan bahwa pembuat konten akan diminta untuk mengungkapkan materi yang dihasilkan oleh AI, meskipun belum dijelaskan secara rinci bagaimana prosesnya akan dilakukan.

Selain itu, YouTube juga akan menambahkan label yang lebih menonjol pada video yang menangani topik sensitif seperti kesehatan, pemilu, dan keuangan, untuk memberikan informasi tambahan kepada penonton.

Halaman Selanjutnya
img_title