AMD rilis prosesor seri Ryzen 8000 4nm

Amd Ryzen
Sumber :
  • amd

GadgetAMD telah meluncurkan inovasi revolusioner untuk industri kecerdasan buatan (AI) dengan memperkenalkan prosesor tertanam (embedded) seri Ryzen 8000. Prosesor ini menjadi yang pertama dalam industri yang menggabungkan Neural Processing Unit (NPU) berbasis arsitektur AMD XDNA, yang dirancang khusus untuk menangani beban kerja AI yang berat.

MediaTek Dimensity 9300 Plus Meluncur 7 Mei, Hadir di Vivo X100s dan Redmi K70 Ultra

Seri Ryzen 8000 menawarkan spesifikasi yang mengesankan, dibangun dengan proses 4nm terkini. Prosesor ini menggabungkan arsitektur CPU Zen 4, GPU arsitektur RDNA 3, dan NPU arsitektur XDNA yang semuanya baru. Menurut laporan dari Gizmochina (4/4), prosesor ini memberikan daya komputasi AI sebesar 39 TOPS, dengan kontribusi signifikan dari NPU sebesar 16 TOPS.

Namun, kekuatan prosesor ini tidak hanya terbatas pada AI. Seri Ryzen 8000 juga menawarkan fitur tambahan yang mengesankan, seperti konektivitas PCIe Gen 4 berkecepatan tinggi dengan 20 jalur untuk transfer data yang efisien, dan dukungan memori DDR5 5600 saluran ganda dengan koreksi kesalahan (ECC) untuk kinerja yang lancar.

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Tampil Slay Ala Idol K-Pop Korea

Perangkat keras ini juga mampu menghasilkan visual yang memukau, dengan kemampuan untuk memberi daya pada empat layar 4K independen. Kemampuan decoding dan encoding perangkat keras untuk codec video populer seperti AV1, H.264, dan H.265 membuat pemrosesan video menjadi lebih efisien.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seri Ryzen 8000 hadir dalam empat model berbeda. AMD berkolaborasi dengan mitra Original Design Factory (ODM) seperti Advantech, ASRock, dan iBASE untuk membangun ekosistem yang kuat di sekitar prosesor ini. Dengan semakin meningkatnya popularitas AI dan penelitian di bidang tersebut, perusahaan seperti Nvidia dan AMD terus memproduksi chip AI baru untuk mendukung penelitian berskala lebih besar.

Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di :
Instagram@gadgetvivacoid
FacebookGadget VIVA.co.id
X (Twitter)@gadgetvivacoid
Whatsapp ChannelGadget VIVA
Google NewsGadget
10 Top Token AI dan Big Data Project Wajib Pantau di Halving Bitcoin 2024